Alhamdulillah… berhasil juga download OpenOffice.org–disingkat OOo–versi 3.0. Katanya sih, pada versi ini, OOo sudah dapat digunakan untuk membuka dokumen standar Microsoft Office 2007. Pada versi sebelumnya, OOo 2.4 juga cukup bagus untuk digunakan menyunting file-file standar Ms Office 2003. Meskipun demikian, gonta-ganti office suite untuk mengerjakan sebuah tugas bisa bikin pusing juga. Bagaimana tidak? Karena setiap dokumen dibuka menggunakan aplikasi perkantoran yang berbeda, pengaturan ulang harus dilakukan. Paling tidak menyunting ulang tampilan dan layout dokumen.

Perbedaan OpenOffice.org dan Ms Office

Memang harus berbeda, perbedaan ini pun tidak terlalu jauh. Perbedaan yang paling umum menurutku:

  1. Beberapa menu item terletak pada tempat yang berlainan, misalnya:
    • File > Page Setup (Ms Office) dan Format > Page (OOo)
  2. Sedikit perbedaan pada struktur menu
  3. Lambang yang digunakan untuk shortcut di Standart Toolbar juga ada perbedaan
OpenOffice vs Ms Office
OpenOffice vs Ms Office

Kelebihan OpenOffice.org

Selain mencari-cari perbedaan, kita juga perlu melihat keunggulan dari OpenOffice.org ini dibanding Ms Office.

  1. Sejak versi 1.0, OpenOffice.org sudah menyertakan kemampuan untuk konversi dokumen ke PDF. Fasilitas ini tidak tersedia pada Ms Office, kecuali dengan menambahkan aplikasi third party (pihak ketiga) seperti Adobe Acrobat (berbayar, Adobe Acrobat Reader gratis) atau PDF Creator (open source dan gratis).
  2. OpenOffice.org dibuat oleh Sun dan merupakan versi gratis dari office suite terkenal bernama StarOffice.
  3. OpenOffice.org juga telah mendukung format dokumen berstandar ISO, yakni ODF–Open Document Format. Sehingga, dokumen yang dibuat menggunakan OOo akan dapat ditampilkan sama baiknya dengan menggunakan aplikasi perkantoran lain yang mendukung format ini.
  4. OpenOffice.org di-distribusikan dengan gratis! Dengan demikian, kita tidak perlu melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) ketika menggunakan OOo versi download. Selain itu, men-distribusikannya kembali juga legal.

Dengan menggunakan software legal, kita melindungi kekayaan intelektual yang kita miliki. Ayo, berpindah ke aplikasi free/open source software.

Iklan