Belajar Instal OS Tanpa Khawatir

Melakukan instalasi Operating System (OS) berarti harus dimulai dari pemartisian harddisk, format, dan instal sistem. Pengalaman buruk sering kali dialami, data hilang! Jika data-data yang hilang tidak penting, tentu tidak jadi masalah. Lantas bagaimana, agar sistem operasi dan data yang ada tidak terganggu tapi proses belajar tetap berlangsung?

Solusinya sederhana, gunakan virtualisasi! Saat ini paling tidak ada 3 (tiga) software virtualisasi yang aku kenal:

Dua yang pertama adalah software virtualisasi yang berbayar. Sedangkan Virtualbox, bersifat gratis. Untuk Microsoft Virtual PC, kabarnya hanya bisa digunakan untuk mem-virtualisasi Windows OS. VMWare mampu mem-virtualisasi lebih banyak ragam OS termasuk Linux dan BSD. Demikian halnya dengan Virtualbox yang paling tidak dapat digunakan untuk mem-virtualisasikan Linux, BSD, dan Windows.

Virtualisasi yang dimaksud di sini secara sederhana dapat digambarkan sebagai komputer dalam komputer. Komputer yang ditempati adalah komputer nyata (hardware dan software)–disebut host, sedangkan komputer yang kedua berjalan dalam host berupa software dengan fasilitas layaknya komputer nyata. Bagaimana mungkin komputer ‘maya’ bisa memiliki fasilitas seperti komputer nyata? Dengan menggunakan software virtualisasi ini, komputer ‘maya’ akan menggunakan sumber daya  seperti: CD/DVD-ROM Drive, VGA, Sound, Keyboard-mouse, termasuk penggunaan bersama processor, RAM, dan harddisk. Selain itu, komputer ‘maya’ tersebut juga dapat memanfaatkan port USB yang terdapat pada host.

Proses instalasi komputer ‘maya’ ini pun layaknya komputer nyata. Boot dari CD/DVD, partisi harddisk, format, dan instal. Jadi, dijamin data-data pada komputer anda tidak akan terganggu.

Hanya saja, kita tentu harus menyediakan resource perangkat yang lebih baik. Misalnya, ruang kosong pada harddisk harus cukup besar (mengingat semua OS memerlukan virtual memory), 512MB RAM atau lebih, dan processor minimal Pentium 4 (untuk virtualisasi OS moderen).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s