Linux Mint 6.0 di VirtualBox

Melanjutkan belajar instalasi Linux, kita bisa menggunakan VirtualBox untuk menciptakan mesin-virtual. Mesin-virtual ini selanjutnya akan di-instal Linux Mint 6.0 terbaru. Tentu saja, VirtualBox harus sudah di-instal terlebih dahulu. Belum download? Klik di sini untuk mengunduhnya.

Next, jika sudah di-instal, jalankan aja melalui dobel-klik pada ikon VirtualBox di desktop.

Shortcut VirtualBox

Langkah pertama, buat sebuah mesin-virtual baru dengan mengklik ikon Baru. Bisa juga melalui menu Mesin > Baru, atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+N.

Mesin-Virtual Baru
Mesin-Virtual Baru

Pada tampilan jendela berikutnya, klik [Next]. Isikan nama mesin dan tipe OS-nya. Klik [Next] lagi.

Nama dan Tipe OS
Nama dan Tipe OS

Selanjutnya, tentukan pula besar memori yang akan digunakan oleh mesin-virtual. Dalam hal ini, kita harus hati-hati. Besar memori mesin-virtual sebaiknya tidak lebih dari separoh memori komputer host. Pada percobaan instalasi Linux Mint 6.0 dipasang memori 256MB.

Memori Mesin-Virtual
Memori Mesin-Virtual

Jangan lupa klik [Next]. Berikutnya pilih Boot Harddisk saat mesin ini diaktifkan. Kalo belum ada, klik [Baru] dan ikuti tahapan pembuat virtual disk. Klik [Next].

Pilih Boot Disk
Pilih Boot Disk

Terakhir akan ditampilkan ringkasan proses pembuatan mesin-virtual. Klik [Finish] untuk mengakhirinya.

Langkah kedua, adalah menyiapkan sumber instalasi yang akan di-jajal. Kita bisa menggunakan CD/DVD karena VirtualBox dapat mengakses CD/DVD Drive yang dimiliki komputer host. Klik pada CD/DVD-ROM pada tab “Detail”.

CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM
Pilih Image (.iso)
Pilih Image (.iso)

Jika belum ada image (.iso) yang bisa dipilih, klik ikon folder di sebelah kanan combo-box dan ikuti langkah-langkah menambahkan image ke dalam daftar.

Klik [OK] untuk menyimpan semua perubahan yang telah dilakukan.

Ketiga, setelah semua proses di atas terlalui dengan baik, kita akan dibawa kembali pada jendela utama VirtualBox. Untuk menjalankan mesin-virtual yang baru dibuat, pilih nama mesinnya dan klik ikon Mulai. Linux Mint dikembangkan sebagai keturunan Ubuntu. Sehingga, Linux Mint juga mewarisi kemampuan Live CD dari induknya. Setelah tombol Mulai diklik, tunggulah hingga proses live selesai dijalankan dan desktop Linux Mint tampil.

Langkah keempat, dobel-klik ikon Install pada desktop Linux Mint dan ikuti tahapan-tahapan instalasinya. Pakai metode Next-Next-Finish aja. Setelah selesai instalasi, coba deh reboot Linux Mint melalui Menu > Quit.

Sebagai catatan ketika anda memutuskan untuk menggunakan VirtualBox atau yang sejenisnya, pastikan bahwa komputer yang dijadikan host memiliki kemampuan di atas rata-rata. Misalnya, RAM 512MB atau lebih, ruang harddisk kosong 5GB atau lebih, Processor minimal Pentium 4 1.6GHz, dan sebagainya.

2 thoughts on “Linux Mint 6.0 di VirtualBox

  1. Bos. gua mau nanya ni. gua uda buayuh yag lue suru, tp gua binging ni gimanca cara supaya Mesin virtual nya bisa baca data yang ada di Kompi Host,
    di sini KOmpi Hostnya WIN XP, sedangkan Kompi Guestnya LinuxMint??
    Tolong pencerahanya
    TQ

    1. mmm…coba aja pake file sharing samba dari Linux -> Windows, Windows -> Linux. usul yang bagus, aku coba dulu yah… trims dah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s