Setelah berhasil membangun server web, berikutnya adalah mencoba membangun web di dalamnya. Untuk mudahnya, kita bisa menggunakan Content Management System (CMS) yang sudah ada. Misalnya, WordPress yang cocok sekali untuk mebangun web berbentuk blog. Langsung aja, klik wordpress.org dan unduh versi terbarunya. Misalnya  kita download ke /home/goblog.

Buka jendela terminal dan ketikkan perinta berikut:

cd /var/www

sudo tar -xf /home/goblog/wordpress-2.7.tar.gz

Dari perintah di atas akan menghasilkan /var/www/wordpress. Selanjutnya kita bisa coba melalui Firefox dengan mengetikkan alamat: http://localhost/wordpress. Pada percobaan yang aku lakukan, muncul pesan error dikarenakan masalah permission. Ketikkan perintah di bawah ini untuk mengubah hak akses pada folder WordPress.

sudo chmod -cR 777 /var/www/wordpress

Refresh kembali Firefox dan klik tombol [Create a Configuration File]. Pada halaman berikutnya diberitahukan bahwa kita harus sudah memiliki informasi tentang:

  1. Database name
  2. Database username
  3. Database password
  4. Database host
  5. Table prefix (if you want to run more than one WordPress in a single database

Untuk mempersiapkannya, melalui Firefox ketikkan: http://localhost/phpmyadmin. Masukkan username dan password (yang diisikan saat instalasi sebelumnya), kemudian Create New Database dengan memasukkan nama database yang diinginkan, misalnya: “wordpress”.

Setelah database siap, klik tombol [Let’s go!] pada halaman wordpress. Isikan nama database, username, password, database host (biasanya localhost), dan awalan tabel. Klik tombol [Submit] dan klik [Run the install]. Jika sukses, pada halaman “Welcome” isikan Blog Title sesuai dengan judul blog yang diinginkan dan isi Your E-mail dengan alamat e-mail anda. Klik [Install WordPress].

Jika sukses, wordpress akan menampilkan username dan password untuk pengelolaan WordPress selanjutnya. Catat password yang ditampilkan, login melalui http://localhost/wordpress/wp-admin dan ubah password yang diberikan.

Iklan