WordPress µ (baca: MU – Multi User), merupakan aplikasi WordPress yang dapat menjalankan banyak blog dalam 1 (satu) instalasi. Jadi, untuk membangun sebuah jaringan blog cukup dengan 1 (satu) instalasi WordPress µ.

Mengapa pake Ms Windows? Karena di sekolahku, semua komputer menggunakan Ms Windows. Tujuannya menginstal WordPress µ adalah untuk memberikan pelajaran pembuatan blog supaya tidak perlu mengakses internet, hemat bandwidth ;-).

So, apa saja yang dibutuhkan?

  • Apache Web Server
  • PHP
  • MySQL Database
  • phpMyAdmin
  • Installer WordPress µ

Aku biasa menggunakan XAMPP yang sudah mem-bundel semua aplikasi tersebut. Hanya dengan sekali instal, semua aplikasi tersebut siap digunakan. Unduh XAMPP di sini. Setelah selesai diunduh, instal dengan setelan default-nya (kecuali anda sudah expert).

Atur keamanan dari database MySQL dengan mengakses alamat http://localhost/security/xamppsecurity.php pada server lokal. Isikan password untuk pengguna root. Kemudian, buka alamat http://localhost/phpmyadmin untuk membuat database baru bernama “wordpress”.

  1. Unduh WordPress µ dari web resminya, atau klik di sini. Kemudian ekstrak ke dalam folder web, misalnya c:\xampp\htdocs\wpmu.
  2. Lantas akses http://127.0.0.1/wpmu. Mengapa menggunakan notasi IP loopback? Karena WordPress µ memaksa untuk di-instal pada sebuah domain, dimana sebuah alamat domain terdiri dari nama dan tanda-titik (dot).
  3. Isikan nama database, username, password, database host, server address (biarkan tetap 127.0.0.1), site title yang diinginkan, dan e-mail, klik [Submit].
  4. Catat username dan password yang diberikan, klik [Login] untuk melakukan beberapa penyetelan.

Bergantung pada pilihan saat awal proses instalasi, kita bisa memilih bentuk alamat blog di antara dua pilihan:

  • sub-domain, blog.127.0.0.1/wpmu
  • direktori, 127.0.0.1/wpmu/blog

Nah, untuk dapat diakses dalam sebuah LAN, WordPress µ ini dapat diakses menggunakan browser dengan memasukkan IP Address komputer dimana WordPress µ terinstal. Misalnya: http://192.168.1.1/wpmu.

Semoga bermanfaat!

Catatan Ketinggalan: jangan lupa untuk mengaktifkan mod_rewrite yang pada XAMPP terletak pada file c:\xampp\apache\conf\htpd.conf hilangkan tanda “#” di depan LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so.

Iklan