Setiap distro Linux memiliki kemampuan untuk menjadi server. Salah satunya adalah server web. Aplikasi-aplikasi umum yang diperlukan untuk sebuah server web adalah:

Menjadikan Linux Mint (atau keluarga Ubuntu lainnya) menjadi sebuah server sangatlah mudah. Di sini akan ditunjukkan salah satu caranya. Pastikan anda tersambung ke internet, lebih bagus jika menggunakan koneksi berkecepatan tinggi.

Jalankan Linux Mint-nya dan buka Menu > Accessories > Terminal. Setelah jendela terminal terbuka, ketikkan perintah berikut:

sudo apt-get install apache2 php5 mysql-server php5-mysql libapache2-mod-php5 phpmyadmin [ENTER]

Secara otomatis Linux Mint akan mengakses server-server repositori untuk mengunduh semua yang dibutuhkan. Ikuti semua prosesnya, ketika melakukan instalasi MySQL, proses instal akan meminta kita untuk memasukkan password. Setelah semua proses selesai, bukalah browser Mozilla Firefox dan ketikkan: http://localhost [ENTER]. Firefox akan menampilkan hasil sebuah halaman web sederhana dengan tulisan It’s works!.

Kemudian, lakukan tes kecil untuk melihat kemampuan server web yang kita buat dalam menangani bahasa pemrograman PHP. Masih menggunakan terminal, ketikkan:

sudo vim /var/www/tes.php

Kita akan membuat sebuah file tes.php menggunalan Vim Editor, sebuah teks editor berbasis teks. Tekan tombol [Insert] pada keyboard, kemudian ketikkan:

<? phpinfo(); ?>

Dan, diikuti penekanan tombol [Esc], :wq.

Buka kembali Firefox-nya, dan ketikkan: http://localhost/tes.php [ENTER]. Jika berhasil, Firefox akan menampilkan informasi tentang versi PHP yang terinstal. Boleh juga anda mengetikkan: http://localhost/phpmyadmin untuk memeriksa apakah server database MySQL sudah aktif atau belum.

Iklan