BSE, singkatan dari Buku Sekolah Elektronik, merupakan sebuah bentuk baru buku-buku pelajaran mulai dari SD hingga SLTA. Buku-buku jenis BSE ini berbentuk softcopy, dalam arti lain berupa file. Kenapa pemerintah membuat BSE? Supaya harga buku dapat ditekan serendah-rendahnya. BSE di-edarkan dengan lisensi free. Pengguna juga diperbolehkan mencetaknya.

Selagi asyik berselancar, aku menemukan buku-buku BSE Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang berbasis open source. Sebenarnya, sebelum pemerintah memproduksi BSE, Depdiknas melalui Dikmenjur-nya telah lebih dahulu mengadakan sertifikasi TIK yang awalnya berbasis Windows kemudian mulai bergeser ke open source. Sayangnya, tidak semua orang suka ber-open source. Banyak yang enggan belajar kembali, termasuk aku mungkin :-D.

Alasan yang sering dilontarkan diantaranya, “semua (saking gak tahunya) masih pake Windows kok.” Padahal, masih banyak juga pengguna komputer baik dalam instansi pendidikan maupun pemerintahan yang tidak benar-benar mengerti akan kemampuan dari komputer yang dihadapinya. Pokoke, Windows!

Anyway, berikut ini tautan untuk mengunduh BSE TIK Open Source: http://bse.telkomspeedy.com/e-buku/.

Iklan