Install Linux di PC Zyrex Studia?

Komputer yang aneh…

Tidak lama, jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) di sekolahku akhirnya bisa memiliki laboratorium komputer. Baru, dengan spesifikasi:

  • Intel P4 Dual Core 2GHz
  • 512MB DDR2 Non-ECC
  • HDD SATA 80GB
  • DVD ROM 16x
  • Monitor 15″

Ya… mereknya, Zyrex PC Studia. Senang, bahagia, bersyukur,pasti!!! Tapi, keanehan-keanehan mulai terjadi begitu PC dikeluarkan dari kartonnya.

Pertama, susahnya nge-install Ms Windows XP (bajakan) ke dalamnya. Driver bawaannya ternyata tidak cocok, terutama VGA dan kartu suara. Belum lagi untuk kartu jaringan. Walhasil, teknisi kami yang super canggih pun bergerilya di internet untuk mendapatkan driver-driver yang cocok. Dan, tidak menghasilkan apa-apa. Akhirnya, percobaan instal berakhir ketika Ms Windows XP “Dark Lite” bisa mengenali semua perangkat bawaan PC Studia dengan baik.

Kedua, ketika aku mulai menulis tentang membangun server berbasis Linux di blog ini, mulai hari itu juga terbukti bahwa Linux tidak dapat di-instal di PC Studia. Gagal total!!! Mulai dari keluarga Ubuntu 8.10 yang populer hingga percobaan hari ini (yang juga gagal), Zenwalk.

Rencananya, senin (05/01/09) mendatang akan di-uji coba untuk instal berbagai distro Linux, mulai dari: Fedora 10, openSuSE 11.1, Mandriva 2009, BlankOn 4, Slackware 12, pokoknya semuanya yang belum pernah dicoba.

Jika berhasil, distro tersebut akan digunakan sebagai base praktik membangun server.

Jika tidak satupun berhasil (semoga saja tidak), kembali ke pelajaran “Sejarah Komputer, Server, dan Linux”.

8 thoughts on “Install Linux di PC Zyrex Studia?

  1. saya juga peke zyrex sama sperti punya bapak guru……. ada kesalahan sistem yang ditolak pada bios nya pak guru…….. coba anda coba linux terbaru 11.10…… berbarengan dengan fedora terbaru…………, kalau tidak bisa coba ganti RAM punya bapak …………. kalau tidak bisa juga coba bapak berdoa semoga ada yang menggantikan computer punya bapak…….. thnks…..???

  2. coba deh pak, pake linux yang rilisnya bebarengan dengan ubuntu 7.10, karena di sekolahku pc zyrex studia cuma bisa menjalankan linux yang release bebarengan dengan versi tersebut (ex : fedora 8, ubuntu 7.10 dll). dan juga pas lomba LKS kemaren dicoba menggunakan mandriva 2009 ternyata berhasil alias bisa dijalankan.
    mudah mudahan bisa membantu.
    oh ya sekalian cuma sekedar info, windows XP SP3 egyptian hack edition bisa jalan normal di pc zyrex studia dengan lancar. semua hardware terdeteksi.

    1. oke, trims masukannya. akan kami coba. sekedar info, Windows yg sudah dimodifikasi memang bisa dipake (kami pake DarkLite). untuk Linux, kami belum coba pake Ubuntu 7.10, kemarin coba pake Ubuntu 8.10 tidak berhasil. kami juga sedang coba berbagai kemungkinan yg ada.🙂

  3. coba dech ni aku pake freespire bisa klo ubuntu 7.10 tadinya bisa tapi setelah itu wireless tidak dapat diaktifkan lagi, pake fedora 8 bisa tapi kalo dikasih wireless ga bisa diaktifken.

  4. iya pak…….. dan akhirnya dihari senin yang direncanakan…. kita mempelajari sejarah sastra tentang linux………….

    1. namanya juga pelajaran sejarah, jadi harap dihapalkan ya langkah-langkah instalasi dan konfigurasinya. siapa tau pas ulangan keluar😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s