Komputer yang aneh…

Tidak lama, jurusan Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) di sekolahku akhirnya bisa memiliki laboratorium komputer. Baru, dengan spesifikasi:

  • Intel P4 Dual Core 2GHz
  • 512MB DDR2 Non-ECC
  • HDD SATA 80GB
  • DVD ROM 16x
  • Monitor 15″

Ya… mereknya, Zyrex PC Studia. Senang, bahagia, bersyukur,pasti!!! Tapi, keanehan-keanehan mulai terjadi begitu PC dikeluarkan dari kartonnya.

Pertama, susahnya nge-install Ms Windows XP (bajakan) ke dalamnya. Driver bawaannya ternyata tidak cocok, terutama VGA dan kartu suara. Belum lagi untuk kartu jaringan. Walhasil, teknisi kami yang super canggih pun bergerilya di internet untuk mendapatkan driver-driver yang cocok. Dan, tidak menghasilkan apa-apa. Akhirnya, percobaan instal berakhir ketika Ms Windows XP “Dark Lite” bisa mengenali semua perangkat bawaan PC Studia dengan baik.

Kedua, ketika aku mulai menulis tentang membangun server berbasis Linux di blog ini, mulai hari itu juga terbukti bahwa Linux tidak dapat di-instal di PC Studia. Gagal total!!! Mulai dari keluarga Ubuntu 8.10 yang populer hingga percobaan hari ini (yang juga gagal), Zenwalk.

Rencananya, senin (05/01/09) mendatang akan di-uji coba untuk instal berbagai distro Linux, mulai dari: Fedora 10, openSuSE 11.1, Mandriva 2009, BlankOn 4, Slackware 12, pokoknya semuanya yang belum pernah dicoba.

Jika berhasil, distro tersebut akan digunakan sebagai base praktik membangun server.

Jika tidak satupun berhasil (semoga saja tidak), kembali ke pelajaran “Sejarah Komputer, Server, dan Linux”.

Iklan