Laptop baru nih…

Acer e-Machines
Acer e-Machines

Tapi bukan punya sendiri :D. Ada teman yang kesulitan nge-install Windows XP dan dibawa deh ke rumahku. Penyebabnya, pas proses deteksi hardware, diberitahukan bahwa harddisk tidak ditemukan. Jelas dan sudah pasti nih, karena harddisk-nya model SATA! Usulanku, instal aja Windows Vista. Wong ya manusia, jaman sudah modern masih pake Windows XP… sudah biasa, katanya. Biasa… atau malas belajar?!

Anyway, akhirnya aku Googling (kata kerja baru dalam kamus bahasa Inggris, artinya segala aktivitas pencarian menggunakan search engi ne bernama Google) dan menemukan (at least) dua alternatif.

Pertama, aku harus melakukan slipstream driver SATA ke dalam instalasi Windows XP. Karena laptop tidak dilengkapi floppy drive. Untuk keperluan ini bisa pake aplikasi bernama nLite.

Kedua, dengan mengubah mode dari harddisk SATA dari AHCI menjadi IDE. Cara ini kuketahui dari tulisan seorang Wisnuhera tentang ‘mainan baru’-nya.

Lalu, pilih cara yang mana?

Cara pertama, jelas merepotkan. Dan, lagi… dimana cari driver SATA *masih bingung*??? Jadi, coba dulu cara kedua. Jika ini tidak berhasil, baru kembali ke cara pertama.

AHCI -> IDE
AHCI -> IDE

Nyalakan laptopnya… ada keterangan, tekan tombol [F2] untuk masuk BIOS. Pada menu Main, arahkan ke bagian SATA Mode dan ubah nilainya dari AHCI menjadi IDE. Trus simpan konfigurasi tersebut, keluar dari BIOS.

Laptop restart, jangan lupa masukkan CD Installer Windows XP. Ta..taaa… Alhamdulillah, akhirnya harddisk dikenali dan proses instalasi bisa sukses.

Laptop ini, menurutku, masuk jenis laptop keren. Bagaimana tidak, cpu sudah Intel Dual Core 2,16GHz, 512MB DDR, 160GB SATA-II HDD, LAN, WLAN, Webcam, de-el-el. Harganya juga tidak terlalu mahal, informasinya sih sekitar 5,6 jt-an.

Apakah cara ini bisa diterapkan pada komputer Zyrex Studia di sekolah ya???