Canon LiDE 20 di Linux Mint 6

Canon LiDE25
Canon LiDE20

Alhamdulillah… Linux is great! Luar biasa, setelah kemarin printer Canon iP1980 bisa di-instal di Linux Mint, kali ini scanner Canon LiDE25 ku juga bisa di-instal dan digunakan di Linux Mint.

Printer dan Scanner sudah bisa digunakan di Linux sama baiknya dengan di Windows, khususnya untuk pemula. Artinya, pekerjaan printing dan scanning standar sudah dapat dipenuhi.

Sedangkan untuk keperluan yang lebih spesifik, misalkan OCR (Optical Character Recognition) yang digunakan untuk memindai dokumen bisa merujuk ke http://www.howtoforge.com/ocr_with_tesseract_on_ubuntu704.

Apalagi ya yang dibutuhkan untuk segera berpindah ke Linux?

Berikut ini check list fasiltias Linux:

  1. Linux berbasis Graphical User Interface (GUI)? Ya, desktop manager-nya banyak. Anda bisa pilih KDE, Gnome, XFCE, Enlightment, dll. Lihat di sini.
  2. Ada aplikasi perkantoran (office) di Linux? Ada, beragam, dan menggunakan standar yang sama. Anda bisa memilih: OpenOffice.org, K-Office, GNOME Office, Siag Office, atau ThinkFree Office.
  3. Bagaimana dengan multimedia, video dan mp3 misalnya? Bisa! Meskipun pada beberapa distro kita perlu unduh terlebih dahulu codec-nya. Sebab mp3 bukan format bebas-terbuka (free-open source). Windows juga tidak pernah menyertakan codec multimedia kecuali produknya sendiri.
  4. Ada nggak aplikasi desain seperti Photoshop atau CorelDRAW? Ada, Photoshop bisa digantikan Gimp, CorelDRAW bisa digantikan Inkscape, ada KompoZer untuk desain web, dan masih banyk pengganti aplikasi-aplikasi desain under Windows.
  5. Untuk 3D, bisakah? Bisa, ada Blender yang luar biasa. Contoh animasi 3D yang dihasilkan bisa dilihat di sini. Atau, bisa juga diunduh gratis di sini.
  6. Game.. game.. !? Ada, banyak game/permainan yang tersedia di Linux. Coba kunjungi Happy Penguin atau GetDeb.
  7. Untuk aplikasi CAD (Computer Aided Design)? Ada, biarpun tidak gratis, QCad muuuuurraaah banget jika dibandingkan dengan AutoCAD.
  8. Pemrograman? Tentu saja bisa! Linux dibangun dari setumpuk source yang terbuka untuk dimodifikasi dan dikembangkan, so, aplikasi pemrograman sudah pasti ada.
  9. Linux Server? Semua Linux bisa dijadikan server. Hebatkan?! Tidak perlu beli versi server kalo hanya digunakan untuk intranet.
  10. Dan yang pasti Linux is FREE and OPEN SOURCE!!! Kalo anda tertantang untuk modifikasi, mengembangkan, dan ingin ber-amal jariyah, pake Linux!

4 thoughts on “Canon LiDE 20 di Linux Mint 6

  1. Mas Slamet, tolong kasih tau cara install printer canon iP1980-nya dong…, saya googling berkali2 ko ngga ada yg berhasil, selalu muncul cannot find filter pstcanonij…
    Tks sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s