Membuat File VMX Online

Setelah berhasil menginstal VMware Player di Linux Mint, selanjutnya adalah menciptakan file .vmx yang akan “dimainkan”. File .vmx sendiri sebenarnya adalah sebuah format file yang di dalamnya berisi konfigurasi virtual machine yang digunakan oleh VMware. Karena yang kita miliki hanyalah sebuah “player”, maka kita membutuhkan alat/cara lain untuk membuat file tersebut.

Ada beberapa cara untuk membuat file .vmx. Pertama, cara offline, kunjungi situs vmxbuilder.com dan download vmx-builder, jangan lupa untuk mengikuti petunjuk instalasinya. Cara kedua adalah membuatnya online, kunjungi situs http://www.easyvmx.com/, pilih easyvmx yang standar (bagi yang pake Ms Vista, pilih easyvmx v2.0).

Langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut…

Setelah situs http://www.easyvmx.com/ tampil di layar browser, pilih easyvmx dengan nge-klik link seperti pada gambar di bawah ini…

easyvmx, virtual machine creator
easyvmx, virtual machine creator

Kemudian selanjutnya, atur beberapa bagian pentingnya…

Basic Setting
Basic Setting

Basic Setting, isi virtual machine name dengan nama OS (operating system) yang akan dipakai. Tentukan besar memori yang akan dipakai, agar optimal… besar memori tidak boleh lebih dari separuh memori fisik yang ada.

Network Configurations
Network Configuration

Network Configuration, pilih tipe koneksi  antara Guest OS dan Host OS yang akan digunakan. Ada 3 (tiga) tipe koneksi:

  1. Bridge / jembatan, berarti virtual machine terhubung langsung ke kartu jaringan fisik.
  2. Network Address Translation (NAT),  Guest OS terhubung melalui sebuah kartu jaringan maya (VMnet8) dalam berkomunikasi dengan kartu jaringan fisik dan “dunia luar”.
  3. Host only, Guest OS terhubung pada VMnet1 dan hanya bisa berkomunikasi dengan Host OS, namun tidak bisa meng-akses “dunia luar”.
Disk Configuration
Disk Configuration

Disk Configuration, atur Guest OS dalam memanfaatkan sumber daya Host OS, khususnya untuk floppy (masih ada?), CD/DVD ROM drive, dan Harddisk.

Sound dan I/O
Sound dan I/O

Sound and I/O Ports, atur hak akses Guest OS dalam penggunaan bersama ports fisik yang ada. Yang tidak ada pada PC jangan dipilih.

Setelah konfigurasi Virtual Machine di atas siap, klik [Create Virtual Machine]. Jika tidak ada masalah maka akan tampil halaman download seperti berikut …

Download VMX
Download VMX

Klik saja kotak biru yang berjudul “Download your virtual machine”, dan setelah di download… ekstrak ke drive atau partisi dengan ruang kosong terbesar (tergantung kebutuhan OS yang akan diinstal, contoh di atas Windows XP–sekitar 2 GB).

Sampai di sini dulu, insya Allah selanjutnya adalah bagaimana meng-instal Windows XP di Linux Mint…

2 thoughts on “Membuat File VMX Online

  1. […] Kali ini, kita coba pake VMware Player yang bisa diunduh di sini. Kemudian instal ke PC. VMware Player akan menciptakan 2 (dua) kartu jaringan baru dalam daftar [Network Connections], yaitu: VMnet1 dan VMnet8. Untuk selanjutnya, Ms Windows akan berfungsi sebagai Host (tuan rumah). Dan semua sistem operasi yang berjalan pada VMware Player adalah Guest (tamu)-nya. Berbeda dengan VMware yang sebenarnya, VMware Player sebenarnya hanya bisa digunakan untuk men-jalankan virtual machine; tidak ada fasilitas pembuatannya. Berarti kita harus membuatnya dengan bantuan software lain. Cara membuatnya ada di sini. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s