Instalasi VMware Player di Windows

Jaringan komputer hanya bisa dibuat jika terdapat 2 (dua) komputer yang terhubung baik wired maupun wireless dalam satu jaringan yang sama. Bagaimana kalo kita cuman punya 1 (satu) PC? Mudah saja, kita buat aja PC “maya/virtual”. Pilihannya, bisa pake: Virtual Box, VMware, atau VMware Player.

Kali ini, kita coba pake VMware Player yang bisa diunduh di sini. Kemudian instal ke PC. VMware Player akan menciptakan 2 (dua) kartu jaringan baru dalam daftar [Network Connections], yaitu: VMnet1 dan VMnet8. Untuk selanjutnya, Ms Windows akan berfungsi sebagai Host (tuan rumah). Dan semua sistem operasi yang berjalan pada VMware Player adalah Guest (tamu)-nya. Berbeda dengan VMware yang sebenarnya, VMware Player sebenarnya hanya bisa digunakan untuk men-jalankan virtual machine; tidak ada fasilitas pembuatannya. Berarti kita harus membuatnya dengan bantuan software lain. Cara membuatnya ada di sini.

Setelah kita memiliki file-file virtual machine kosongan, ekstrak konfigurasi tersebut ke dalam partisi harddisk yang memiliki ruang kosong sesuai kebutuhan. Misalkan untuk Redhat 9, cukup 2 – 3 GB. Kemudian jalankan VMware Player hingga muncul tampilan seperti berikut…

VMware Player
VMware Player

Pilih [Open] dan pilihlah file .vmx pada lokasi dimana kita meng-ekstrak-nya.

Pilih File .vmx
Pilih File .vmx

VMware Player akan langsung “memainkan” file tersebut. Karena file .vmx tersebut masih kosong, sebelumnya harus disiapkan terlebih dahulu CD/DVD Linux yang bootable dan masukkan ke dalam drive. Ibaratnya PC sungguhan, VMware Player akan melacak keberadaan sistem boot, baik di “harddisk” atau cd/dvd drive fisik.

Untuk selanjutnya proses instalasi OS berjalan seperti biasanya.

One thought on “Instalasi VMware Player di Windows

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s