Jaringan komputer hanya bisa dibuat jika terdapat 2 (dua) komputer yang terhubung baik wired maupun wireless dalam satu jaringan yang sama. Bagaimana kalo kita cuman punya 1 (satu) PC? Mudah saja, kita buat aja PC “maya/virtual”. Pilihannya, bisa pake: Virtual Box, VMware, atau VMware Player.

Kali ini, kita coba pake VMware Player yang bisa diunduh di sini. Kemudian instal ke PC. VMware Player akan menciptakan 2 (dua) kartu jaringan baru dalam daftar [Network Connections], yaitu: VMnet1 dan VMnet8. Untuk selanjutnya, Ms Windows akan berfungsi sebagai Host (tuan rumah). Dan semua sistem operasi yang berjalan pada VMware Player adalah Guest (tamu)-nya. Berbeda dengan VMware yang sebenarnya, VMware Player sebenarnya hanya bisa digunakan untuk men-jalankan virtual machine; tidak ada fasilitas pembuatannya. Berarti kita harus membuatnya dengan bantuan software lain. Cara membuatnya ada di sini.

Setelah kita memiliki file-file virtual machine kosongan, ekstrak konfigurasi tersebut ke dalam partisi harddisk yang memiliki ruang kosong sesuai kebutuhan. Misalkan untuk Redhat 9, cukup 2 – 3 GB. Kemudian jalankan VMware Player hingga muncul tampilan seperti berikut…

VMware Player
VMware Player

Pilih [Open] dan pilihlah file .vmx pada lokasi dimana kita meng-ekstrak-nya.

Pilih File .vmx
Pilih File .vmx

VMware Player akan langsung “memainkan” file tersebut. Karena file .vmx tersebut masih kosong, sebelumnya harus disiapkan terlebih dahulu CD/DVD Linux yang bootable dan masukkan ke dalam drive. Ibaratnya PC sungguhan, VMware Player akan melacak keberadaan sistem boot, baik di “harddisk” atau cd/dvd drive fisik.

Untuk selanjutnya proses instalasi OS berjalan seperti biasanya.

Iklan