Tahukah Kamu: Google Bisa Menerjemahkan Halaman Web

Fasilitas ini sebetulnya sudah lama, tepatnya sejak mesin pencari terkenal ini menyediakan pencarian dalam bahasa Indoensia. Hanya saja, (tampaknya) masih belum dimanfaatkan, terutama oleh para pelajar. Baik mahasiswa, siswa SLTA, hingga para guru pun masih banyak yang enggan mengambil berbagai pengetahuan dan ilmu yang tersebar di internet. Alasannya, ‘pake bahasa Inggris’. Selain itu, mereka juga ogah beli buku dengan alasan ‘mahal’.

Menurutku, bukan sekedar karena ‘buku mahal’ atau ber-‘bahasa Inggris’ kendalanya, melainkan memang malas membaca!.

By the way, sebetulnya tidak perlu berpusing-pusing membaca artikel-artikel di internet biarpun berbahasa Inggris. Karena sudah banyak fasiltias yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya ya… ‘mbahGoogle. Selain ‘pinter’ mencari, Google juga sangat ahli menerjemah ke dalam banyak bahasa! Mau bukti?

Ayo kita buktikan, cobalah melakukan pencarian melalui Google. Misalkan kita gunakan kata kunci: OOP (maksudnya, object oriented programming). Dalam sekejap Google akan menampilkan berbagai link menuju halaman-halaman web yang menyediakan informasi tentang OOP itu.

Hasil Pencarian Google
Hasil Pencarian Google

Perhatikan link yang aku lingkari. Setiap halaman web (standar) berbahasa Inggris selain menuju halaman aslinya juga akan ditambahkan link ke halaman terjemahannya. Coba klik link tersebut. Yang terjadi selanjutnya, Google berusaha menerjemahkan halaman tersebut dan menampilkannya dengan tampilan yang sama persis dengan aslinya.

Halaman Terjemahan
Halaman Terjemahan

Google keren kan?! Jadi, gak perlu bingung menghadapi halaman web berbahasa Inggris. Manfaatkan kemampuan Google menerjemahkan. Selain itu, gunakan juga fasilitas penerjemahan Google Translate. Tidak hanya menerjemahkan ‘kata’ seperti kamus, melainkan mampu menerjemahkan kalimat. Udah gitu, sudah banyak bahasa yang bisa dilayani.

Happy surfing!!!

3 thoughts on “Tahukah Kamu: Google Bisa Menerjemahkan Halaman Web

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s