Ujian Teori Kejuruan SMK

Biarpun sudah lewat, pada tanggal 24 Maret 2009 yang lalu, murid-muridku mengikuti “ujian nasional teori kejuruan” yang seluruh soalnya dibuat oleh Depdiknas selaku penyelenggara ujian nasional. Kisi-kisi soal ujian teori telah diinformasikan (at least) padaku 1-2 bulan sebelumnya dan dapat di download di sini atau di sini.

Namun, apa yang terjadi pada hari “H” ujian??? Ada beberapa soal (kalo tidak boleh dibilang banyak) yang tampaknya melenceng dari kisi-kisi tersebut. Wajarkah? Pasti ada yang setuju, wajar dan adapula yang beranggapan tidak wajar. Khususnya para pendidik/guru yang ada di level paling bawah.

Ketidakwajaran kisi-kisi dan soal (versi-ku):

  1. Kisi-kisi menyebutkan bahasa dan aplikasi pemrograman tertentu seperti VB dan VB.Net, juga C/C++ dan Java. Baiklah… memang bahasa dan aplikasi pemrograman tersebut yang (mungkin) paling populer. Faktanya: ada sekolah yang menggunakan Delphi (Pascal) dan Foxpro. Apakah semua bahasa pemrograman tersebut HARUS diajarkan di sekolah agar siswa siap menghadapi ujian???
  2. Ada beberapa soal yang tidak di-jelas-kan merupakan sintaks bahasa pemrograman apa. Apakah seorang siswa lulusan RPL nantinya harus mengetahui (dan bisa) berbagai bahasa dan aplikasi pemrograman yang ada???
  3. Terdapat beberapa soal dengan kata-kata atau kalimat yang membingungkan. Contohnya:(A-22) Salah satu bagian pemrograman web yang pemrograman webnya ditentukan pada sisi server adalah …. Terdapat pengulangan kata yang (menurut ejaan bahasa Indonesia yang pernah aku pelajari di sekolah) tidak perlu. Termasuk penggunaan kata-kata “yang” berulang kali dalam satu kalimat soal.

Bagaimana hasilnya? Sampai tulisan ini dibuat, belum ada informasi hasil ujian teori tersebut. Padahal, ujian teori kejuruan adalah penentu kelulusan.

Bagaimana jika ternyata, peserta ujian memperoleh nilai UNAS yang cukup baik (rata-rata B.Ind, B.Ing, Mat, dan praktek kejuruan ≥ 5,50) sedangkan ujian teori kejuruannya malah < 4,00?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s