Satu lagi yang baru kuketahui, Google menyediakan alat penerjemah untuk web/blog. Gadget yang berupa Javascript ini dapat ditambahkan sehingga web/blog kita seolah memiliki fasilitas multi-bahasa. Bentuknya seperti di bawah ini:

google-translate-gadget
Hal ini kuketahui saat sedang blog walking, entah blog siapa aku melihat ada gadget Google ini. Nah, kebetulan sore ini aku buka Google Translate untuk minta bantuan menerjemahkan. Di halaman depannya ada keterangan Alat penerjemah. Selanjutnya

Alat Penerjemah
Alat Penerjemah

Kemudian aku klik Dapatkan alat penerjemah sekarang yang menampilkan petunjuk untuk menambahkan gadget tersebut.

Skrip yang harus ditambahkan
Skrip yang harus ditambahkan

Ada 2 (dua) langkah yang harus diikuti. Jika anda berada di Indonesia, klik tautan di atas akan menampilkan halaman berbahasa Indonesia. Kemudian tambahkan skrip yang disediakan ke halaman depan web/blog anda.

<script src="http://www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://www.google.com/ig/modules/translatemypage.xml&up_source_language=id&w=160&h=60&title=&border=&output=js"></script>

Sayangnya, skrip ini tidak bisa ditambahkan ke halaman/widget di wordpress.com. Contohnya bisa dilihat di web smkn1-ngk.co.nr atau slametan.co.nr. Kedua web contoh itu menggunakan wordpress sebagai CMS-nya.

Keren kan? Seperti web profesional yang multi-bahasa. Semoga bermanfaat!

Iklan