Instalasi Ubuntu 9.04

Akhirnya, berhasil juga dapat Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope. Apa saja fitur terbarunya bisa dilihat di sini. Langsung aja aku coba. Tapi, download dulu file ISO-nya dari sini dan bakar ke dalam 1 (satu) CD blank. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, pastikan komputer bisa boot melalui CD atau DVD ROM. Caranya bisa lihat di sini.

Kedua, masukkan CD Ubuntu 9.04 ke dalam drive CD/DVD dan nyalakan komputer. Dan saat proses boot dari CD berlangsung mungkin Ubuntu akan menanyakan terlebih dahulu “bahasa” apa yang akan digunakan selama proses. Pilihlah bahasa yang kamu kuasai dan tekan {ENTER}.

Jika kamu memiliki komputer dengan memori +512MB, kamu bisa pilih menu “Try Ubuntu…” pada tampilan seperti di bawah ini, jika tidak… pilih instal aja.

Boot CD Menu
Boot CD Menu

Pilihan “bahasa” juga bisa dilakukan saat Ubuntu menampilkan gambar…

Pilih Bahasa
Pilih Bahasa

Selanjutnya… Pilih lokasi kamu. Untuk wilayah Jawa, pilih Jakarta dengan memilih Region =  Asia dan City = Jakarta atau dengan klik area Jawa Barat pada peta bumi yang tampak seperti pada gambar berikut. Jangan lupa klik {FORWARD}.

Zona Waktu
Zona Waktu

Berikutnya, pilih jenis keyboard yang kamu gunakan. Biasanya sih USA.

Ketiga, adalah melakukan pemartisian. Pada contoh ini, seluruh spasi harddisk akan digunakan oleh Ubuntu. Pilih “Use the entire disk” atau mungkin “Guided: use the entire disk”. Hati-hati: jangan melakukan ini jika ada partisi lain yang memang sedang kamu pakai (Windows).

Partisi
Partisi

Keempat, mengisikan identitas pemilik komputer. Kamu bisa mengisi dengan identitas sebenarnya (jangan khawatir di-sweeping) atau tidak. Gunakan juga kata sandi yang kuat–untuk komputer umum–atau apa saja yang mudah kamu ingat.

Identitas
Identitas

Setelah mengisinya dengan benar, kamu akan mendapati ringkasan dari pengaturan sistem yang akan diinstal…

Ringkasan Pengaturan
Ringkasan Pengaturan

Selanjutnya, proses instal dilakukan. Kamu bisa santai-santai sambil menunggu proses berakhir.

Proses berakhir saat Ubuntu menampilkan informasi seperti ini…

09bx
Jangan lupa untuk mengeluarkan CD instalasinya. Tunggulah hingga komputer melakukan restart.

10

Alhamdulillah… jadi sudah instalasi Ubuntu.

17 thoughts on “Instalasi Ubuntu 9.04

  1. saya kesulitan dalam mengaktivkan sound yang membisu pada ubuntu 9.04 pada laptop compaq 116tu presario cq40
    mohon petunjuknya agar laptopku dapat normal kembali
    kirim yah ke imail ku thanks…………..

  2. mas salam kenal dulu nih,
    aku juga pakai dell vostro a840 dan dah install ubuntu 9.04, semuanya dah beres kecuali modem dial up nya nggak bisa ke detect. Aku dah coba beberapa “resep” tapi belum ada yang berhasil.
    Kalau mas bisa berhasil boleh dong kita dibagi “resepnya”
    Thx.

  3. Ass…
    sebelumnya salam kenal ya…
    Saya ada masalah saat install Ubuntu 9.04, yang jadi masalah VGA saya nggak kedetek… ma’lum masih pemula..
    VGA saya Ati Radeon HD2400 Pro 512MB, gimana caranya ya untuk mengatasi hal ini… mohon solusinya….

  4. Tanya lagi pak🙂

    Bapak mungkin punya referensi ubuntu 9.04 sudah bisa berjalan baik di laptop apa saja. Sapa tahu ada yang lebih menarik hati saya.hehehe… Soalnya saya cuma tahu di Vostro saja. Di Axioo di beberapa forum berhasil, tapi instalasinya sepertinya lumayan ribet.

    Mkasih lagi pak.

    1. 😀 betul, hati2 dalam membeli. sebenarnya acuan pentingnya ada pada komponen internal dari laptop (chipset, vga, sound card, lan, wlan, ide/sata, dll). dan tanggal rilisnya. ini asumsi saya aja, hardware yg didukung biasanya yg tanggal rilisnya sebelum versi beta (atau mungkin RC–release candidate) dari distribusi linux. karena umumnya, pada versi RC1 hingga rilis, hanya ada penambalan pada celah2 kecil dan bukan penambahan dukungan hardware/software.
      dan untuk dukungan hardware ubuntu 9.04 bisa dilihat di: https://wiki.ubuntu.com/HardwareSupport/.

  5. Wah…

    Terima kasih banyak pak atas jawabannya. Soalnya agak takut juga untuk beli laptop untuk install Ubuntu 9.04, karena di forum2 banyak yang bermaslah terumata dengan grafis,soundcard,dll. tapi kalau Bapak dah coba dan gak masalah, saya jadi lebih yakin.🙂

    Terima kasih pak.

  6. Salam kenal pak,

    Saya mau tanya, apa semua vostro A840 bisa compatible untuk ubuntu 9.04? saya mau beli untuk ubuntu juga, tapi ada beberapa pilihan vostro A840(H655H) dan (H657H). Saya pengen beli yang H6556 karena lebih murah🙂. apa ubuntu juga bisa jalan dengan baik? Spec yang H655H:
    Celeron M 2.16Ghz, 512Mb, 80Gb.

    terima kasih pak.

    1. salam kenal juga🙂
      kalo melihat komponen2 vostro A840 (chipset, hdd, lan, wlan, dll) seharusnya sudah di-support oleh versi linux terbaru paling tidak sekelas ubuntu 8.04 lts ke atas. aku sudah coba pake ubuntu 9.04 di vostro A840-ku, semuanya berjalan lancar.

  7. salam kenal pak,
    saya juga alumni smkn 1 nganjuk tahun 2004.
    Ubuntu emang OK pak, tapi untuk versi yang ini saya belum coba versi fullnya, saya masih pake yang versi 8.10 sebagai optional boot di laptop(tapi jarang dipake). Kemarin sih mo Upgrade tapi koneksi internet lagi lemot jadinya ga jadi upgrade deh.
    Kemarin baru coba yang versi portable di flashdisk aja, tapi udah lumayan buat mengobati rasa ingin tahu.
    Walapun masih tetep sering pake Mi***soft tapi untuk menambah pengetahuan kenapa ga di coba.

    1. kecepatannya relatif aja menurutku. kecepatan tentunya juga tergantung jenis/spesifikasi PC yang digunakan. karena versi baru = software terbaru = fitur2 baru = kebutuhan hardware lebih tinggi. kecuali mungkin versi netbook-nya, tentu saja harus didesain seringan mungkin. aku coba di Dell Vostro A840 (P4 Dual Core, 1G RAM), mmm… memang lebih cepat dibanding yang 8.10 rasanya. ada yang punya pengalaman lain?

Tinggalkan Balasan

