Akhirnya, berhasil juga dapat Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope. Apa saja fitur terbarunya bisa dilihat di sini. Langsung aja aku coba. Tapi, download dulu file ISO-nya dari sini dan bakar ke dalam 1 (satu) CD blank. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, pastikan komputer bisa boot melalui CD atau DVD ROM. Caranya bisa lihat di sini.

Kedua, masukkan CD Ubuntu 9.04 ke dalam drive CD/DVD dan nyalakan komputer. Dan saat proses boot dari CD berlangsung mungkin Ubuntu akan menanyakan terlebih dahulu “bahasa” apa yang akan digunakan selama proses. Pilihlah bahasa yang kamu kuasai dan tekan {ENTER}.

Jika kamu memiliki komputer dengan memori +512MB, kamu bisa pilih menu “Try Ubuntu…” pada tampilan seperti di bawah ini, jika tidak… pilih instal aja.

Boot CD Menu
Boot CD Menu

Pilihan “bahasa” juga bisa dilakukan saat Ubuntu menampilkan gambar…

Pilih Bahasa
Pilih Bahasa

Selanjutnya… Pilih lokasi kamu. Untuk wilayah Jawa, pilih Jakarta dengan memilih Region =Ā  Asia dan City = Jakarta atau dengan klik area Jawa Barat pada peta bumi yang tampak seperti pada gambar berikut. Jangan lupa klik {FORWARD}.

Zona Waktu
Zona Waktu

Berikutnya, pilih jenis keyboard yang kamu gunakan. Biasanya sih USA.

Ketiga, adalah melakukan pemartisian. Pada contoh ini, seluruh spasi harddisk akan digunakan oleh Ubuntu. Pilih “Use the entire disk” atau mungkin “Guided: use the entire disk”. Hati-hati: jangan melakukan ini jika ada partisi lain yang memang sedang kamu pakai (Windows).

Partisi
Partisi

Keempat, mengisikan identitas pemilik komputer. Kamu bisa mengisi dengan identitas sebenarnya (jangan khawatir di-sweeping) atau tidak. Gunakan juga kata sandi yang kuat–untuk komputer umum–atau apa saja yang mudah kamu ingat.

Identitas
Identitas

Setelah mengisinya dengan benar, kamu akan mendapati ringkasan dari pengaturan sistem yang akan diinstal…

Ringkasan Pengaturan
Ringkasan Pengaturan

Selanjutnya, proses instal dilakukan. Kamu bisa santai-santai sambil menunggu proses berakhir.

Proses berakhir saat Ubuntu menampilkan informasi seperti ini…

09bx
Jangan lupa untuk mengeluarkan CD instalasinya. Tunggulah hingga komputer melakukan restart.

10

Alhamdulillah… jadi sudah instalasi Ubuntu.

Iklan