Dual Boot Windows – Ubuntu (1)

Dual (multi) boot merupakan istilah untuk komputer dengan banyak operating system (OS) di dalamnya, sehingga kita dapat memilih OS mana yang akan kita gunakan. Tujuan penggunaan dual boot ini juga beragam:

  1. Bagi sys-admin yang menangani beragam OS dalam jaringan. Misalnya, melakukan remote install aplikasi akan lebih mudah bila dilakukan melalui sistem/OS yang sama.
  2. Migrasi dari OS proprietary ke open source yang memerlukan tahap pengenalan atau pembiasaan.
  3. Software developer atau pengembang perangkat lunak, yang menginginkan softwarenya bisa berjalan di berbagai platform OS.
  4. Menghindari sweeping software bajakan.
  5. de-el-el

Setiap orang memiliki alasannya masing-masing. Apapun alasannya, di sini akan kita coba membuat dual boot menggunakan Ubuntu Linux 9.04 Jaunty dengan Ms Windows XP. Kenapa diberi nomer 1 (satu)? Karena ada dua cara yang akan kita praktikkan.

Langkah pertama, komputer harus sudah terinstal Ms Windows XP yang caranya bisa dilihat di sini. Kemudian nyalakan komputer hingga Windows XP berjalan stabil.

Langkah kedua, saat berada di lingkungan Windows ini, masukkan CD Ubuntu 9.04 ke dalam CD/DVD ROM drive. Image (file .ISO) Ubuntu 9.04 bisa diunduh di sini dan juga dapat dibeli di toko.baliwae.com atau minta dari Ubuntu. Dengan langkah ini, menu “autorun” Ubuntu akan ditampilkan.

Menu Autorun WUBI
Menu Autorun WUBI

Tampilan di atas merupakan tampilan aplikasi bernama WUBI – Ubuntu Installer for Windows. WUBI inilah yang akan membantu proses instalasi Ubuntu.

Langkah ketiga, pastikan bahwa kita memiliki ruang kosong (free space) di harddisk untuk ditempati Ubuntu. Di sini ditunjukkan sebuah partisi kosong (berformat NTFS) yang akan ditempati Ubuntu. Bisa saja di tempat lain atau di dalam folder, yang penting pada partisi dengan jumlah ruang kosong terbesar.

Partisi kosong
Partisi kosong

Langkah keempat, setelah memastikan dimana lokasi yang akan digunakan, pilih menu {Install inside Windows} dari menu WUBI di atas.

Pengaturan Dasar
Pengaturan Dasar

Keterangan:

  1. Installation drive, yang secara otomatis dideteksi memiliki ruang kosong terbesar;
  2. Installation size, ukuran instalasi Ubuntu yang akan dilakukan;
  3. Desktop environment, tentu saja Ubuntu;
  4. Language, pilih bahasa yang anda kuasai;
  5. Username, isikan nama user atau pengguna yang akan digunakan pada Ubuntu;
  6. Password, ketikkan password atau kata sandi untuk pengguna.

Klik {Install} untuk melanjutkan proses instalasi Ubuntu di dalam Windows. Hasilnya… WUBI akan meminta kita untuk melakukan reboot.

Reboot
Reboot

Langkah kelima, setelah reboot komputer, pilih “Ubuntu” > ENTER dari menu pilihan yang ditampilkan.

Boot Menu
Boot Menu

Proses instalasi Ubuntu akan dilanjutkan sesaat setelah menu “Ubuntu” kita pilih. Prosesnya mencakup: pemartisian, pemformatan partisi, instalasi file, deteksi hardware, konfigurasi hardware, dan instalasi GRUB.

Tunggulah hingga seluruh proses berakhir yang ditandai dengan proses reboot oleh Ubuntu. Pilih “Ubuntu” pada boot menu seperti yang tampak pada gambar di atas, dan… walah Ubuntu sudah terinstal!

Halaman Login
Halaman Login

Fakta-fakta instalasi dengan cara ini:

  • Semua file Ubuntu akan diletakkan pada drive atau lokasi yang ditentukan sebelumnya. Hati-hati! Jika anda masih sering menggunakan Windows, file ini bisa dengan tidak-sengaja-terhapus.
Ubuntu di Windows Explorer
Ubuntu di Windows Explorer
  • Jika bosan atau butuh ruang kosong, un-install saja Ubuntu dari menu “Add/Remove”.
Ubuntu di Add/Remove
Ubuntu di Add/Remove

Nah, sudah demikian canggih ya Linux, bisa di-instal dalam Windows dan tanpa perlu repot melakukan pemartisian yang berbahaya bagi pengguna umum. Kapan ya Windows bisa diinstal dalam Linux? Minimal… aplikasi-aplikasinya bisa dijalankan di Linux tanpa masalah.

By the way, semoga bermanfaat!

46 thoughts on “Dual Boot Windows – Ubuntu (1)

  1. mas koq gue gk bisa nginstalnya ya??
    Pas gue coba melalui boot cd muncul tulisa kayak gini ‘error reading’,
    gue coba klik coba ubuntu tanpa menginstal tetap juga error reading.
    Apa cdnya yang rusak ya???
    Padahal cd baru lho mas.
    trus gue coba pake wubi muncul ‘permision danied’ please see loq c/user/…./…
    Tetep gk bisa mas.
    Mohon mas pencerahannya.

    1. hmm… yg pertama, coba pilih menu “Check CD for defects” untuk memastikan keadaan CD Ubuntu. pastikan jg CD/DVD drive dalam kondisi bagus (bisa baca). kedua, untuk penggunaan WUBI memang agak tricky, mungkin ada masalah dg hak akses user anda. pastikan anda adalah “Administrator”.

  2. tanya mas….
    Q punya & partisi CDEFGHI, C Q pake winds 7 premium.
    pinginya D q pake buat ubuntu,,,
    masalah’ya…
    pas Q instal ubuntu lwat windows gagal trus,,##, ada 2 file yg lari ke C…
    Q cb instl lwat bios…… ko’ disk yg kebaca cuma C,D,E..
    Q taruh ubuntu di D dia minta root?

    1. anda bisa lihat di sini. contoh resmi tersebut menunjukkan proses download cd-image ubuntu. jika anda sdh memilikinya (.iso-nya), kumpulkan dlm 1 direktori/folder bersama wubi yg dpt di-download dari link di atas (big orange button). kemudian jalankan wubi. untuk Windows 7, coba klik-kanan pd wubi dan pilih Run as Administrator.

      setahu saya, kita tidak bisa melakukan instalasi melalui BIOS. BIOS hanya mampu membaca jenis, ukuran, dan pembuat hdd. mungkin yg anda maksud melalui DOS (fdisk, dll.).

      selamat mencoba

  3. ass mas…
    ana udah coba pke totu yg mas berikan…smw berjln lancar,ane pake alkohol wa virtual na…pi ko pas di jlnkan linux na malah multimedia&yg laen mnta plugin y???mhon pencerahan nya ya…di tunggu k email saya
    trimss

    1. instal pake virtual CD? seingat saya proses instalasi (meskipun menggunakan WUBI) tetap melakukan restart. saat terjadi restart, Ubuntu masih membutuhkan beberapa resource dari dlm CD. berarti saat terjadi restart, image Ubuntu pd drive virtual alcohol tidak dikenali oleh sistem perangkat keras (BIOS) komputer. jadi… sebaiknya bakar ke CD trus lakukan instalasi sesuai artikel ini. ^_^

  4. Terima Kasih Mas sudah membalas komen saya, ternyata benar kemarin itu gara2 wubinya terpisah. akhirnya saya menginstall ubuntunya lewat flashdisk,soalnya saya g punya cd drive.

    dan syukurnya sudah berhasil.

    Thanks for Sharing🙂

    Keep on fire

  5. Mas saya mau nginstall linux ubuntu-9.10-desktop-i386 dual boot lewat wubi…

    saat saya menjalankan wubi, pada langkah keempat seperti diatas setelah saya klik install…kenapa wubinya mendownload ubuntu-9.10-desktop-amd64.iso.torent ya mas… dan itu memerlukan koneksi internet dan waktu yang sangat lama…sehingga membuat saya malas menginstallnya.

    mohon pencerahannya mas, balas di blog ku yah . Thanks

    1. 😀 instalnya pake CD ubuntu atau WUBI? kemungkinan yg lain: versi ubuntu dan processor-nya tdk cocok. misalnya: ubuntu versi x86 diinstal di PC dg processor amd 64bit. anda bisa download dulu image (.iso) ubuntu yg sesuai dg processor dari website ubuntu atau mirror-nya. bakar ke cd/dvd, baru kemudian diinstal (jalankan autorun di windows).

  6. masih bisa…ni malah saya utak-atik linuxnya pake “remastersys” …iya software di ubuntu buat nge bek ap ubuntuku..mulanya pengennya setelah di bek ap terus aku buatin file iso nya.. eh malah partisi di ubuntuku udah habis duluan alias memri full ..padahal nge bek ap nya belum selse …ni sekarang ada permasalahan baru nih…ubuntune memori penuh..trus buat safeas yanh ukurannya 10kilo aja kagak mau..gimana nih ada solusi??trims

    1. coba aja me-resize partisi aja dg cara yg ditunjukkan di sini. belum sempat mencobanya. beri tahu saya kalo berhasil ya😀

  7. mas saya install ubuntu 9.04 lewat windows…alias pake wubi…trus misale windows e error ubuntu ne masih bisa di selametin ga? mohon pencerahan…kan pas aku masuk ke linux …terus ke konsol itu ketika aku ketik fdisk -l hasile kayak gini ..

    Device Boot Start End Blocks Id System
    /dev/sda1 * 1 5099 40957686 7 HPFS/NTFS
    /dev/sda2 5100 30401 203238315 f W95 Ext’d (LBA)
    /dev/sda5 5100 29126 192996846 7 HPFS/NTFS
    /dev/sda6 29127 30274 9221278+ 7 HPFS/NTFS
    /dev/sda7 30275 30401 1020096 7 HPFS/NTFS

    nah /dev/sda1 itu windows c … padahal linuxnya (root & swap) juga ada di c ….mohon pencerahannya… trims banyak

    1. masih bisa login ke linuxnya? amankan aja datanya, lalu instal ulang Windows dan Ubuntunya. karena partisi linux sebenarnya ada dalam sebuah file image, bukan partisi sebenarnya (virtualisasi). kecuali… kalo bisa, repair windowsnya tanpa format/partisi ulang. coba aja gunakan hdd-regenerator.

  8. pak ne pake driver ubuntu g’?
    saya udah pernah tapi ubuntu itu harus ada driverna sendiri…
    jadi ya ubyntuna malah jadi g’bisa ngapa”n…
    sini ada driverna ndak jwban ditunggu di e-mail

    1. maaf mas, driver apa yg dimaksud? yg jelas, utk melakukan instalasi OS (terutama Ubuntu) memang harus melalui media CD/DVD. tentu saja harus ada CD/DVD Driver pd PC/notebook. artikel ini menunjukkan cara meng-instalasi Linux Ubuntu pd OS Windows XP tanpa melakukan pemartisian ulang pd harddisk/harddrive. instalasi Ubuntu sendiri membutuhkan minimal 4GB (OS komplit dg aplikasi office dan multimedia), jadi… sediakan partisi Windows kosong (FAT32 atau NTFS) atau arahkan proses instalasi pd partisi dg ukuran free space terbesar.

      tidak dibutuhkan driver tertentu, karena Ubuntu sdh menyertakan fasilitas virtualisasinya pd paket installer bernama WUBI tersebut.

  9. kang kemarin coba install pake cara diatas terus ada tulisan:

    an error accurred
    Permission denide
    for more information, please see the log file c:\docume~1\userr\locals~1\temp\wubi~9.10ubuntu1~rev160.log

    itu kenapa yah kang?? apa harus linux 9.04.. yg terbaru kan karmic koala.. makasih

    1. mmm… sdh dibaca log filenya? Permission Denied artinya anda tidak punya hak akses pd sistem yg akan ditempati Ubuntu (dg instalasi WUBI). kemungkinan hak akses anda cuma “registered user” atau malah “guest”. kalo ternyata anda “administrator”, mungkin OS anda terkena virus yg memblokir hak akses. bisa juga, karena drive yg akan ditempati dikunci oleh sistem/virus/admin. solusinya, (1) instal ulang windows kalo ingin menggunakan WUBI; (2) instal dari CD-ROM supaya lebih fleksibel, tapi hati2 ya…

  10. salam kenal….

    Mas, dalam dual boot, xp dan ubuntu, install jika tidak menggunakan wubi, install windows pertama, kedua ubuntu, dan suatu saat windows error, kemudian install ulang windows, boot loader terhapus, bagaimana mengakses ubuntunya atau mengembalikan bootloadernya, apa harus menginstall ulang ubuntunya juga?

    1. proses instalasi menggunakan WUBI tetap memerluka CD secara fisik dalam cd-drive. karena saat WUBI melakukan “restart”, proses instalasi dilanjutkan secara otomatis.

      jadi, anda harus melakukan instalasi menggunakan CD sungguhan.

    1. setahu saya tdk ada aturan untuk besar partisi swap, tapi biasanya disarankan 2 x RAM fisik yang ada. Misalnya RAM terpasang 256MB maka partisi swap-nya disarankan berukuran 2 x 256MB = 512MB.

  11. salm kenal mas,sya mau tnya saya ydah sukses ngistal linux pake WUBI semua dah jlan lancar pas saya mau masuk windows dan mau masuk linux malah ga da gambar ya.itu kenapa ya mas tlong bantuan ya soal ya saya mau banget belajar linux

    1. meskipun pc dpt diisi dg 2 OS (atau lebih) tetap saja hanya 1 yg dpt dijalankan. sukses/tidak instalasi OS adalah dapat digunakannya OS tsb. jadi, ketika kamu berada di windows… tentu saja tdk dapat menggunakan linux, demikian jg sebaliknya. utk berpindah antar OS, harus melalui metode restart/reboot pc baru kemudian memilih OS yg akan digunakan pd pilihan menu yg disediakan.

      kalo kamu ingin menjalankan linux dlm windows (atau sebaliknya), gunakan software virtualisasi spt: virtualbox atau vmware.

  12. ok mas slamet, terima kasih banget jawabannya. O ya, skalian minta izin untuk download dan mengcopy pasti ilmunya ya mas..boleh kan ?

    Salam sukses.

  13. Terima kasih mas atas ilmunya, btw saya mau tanya nih. Gimana sih cara buat Link profile Facebook di wordpress.com seperti tampilan di sebelah kanan atas di blog mas ?

    Mohon infonya ya mas.

    1. terima kasih juga sudah berkunjung… membuat link profil facebook gampang banget. (1) login dulu ke facebook, (2) masuk ke halaman profil, (3) pada sisi kiri–paling bawah–ada link “buat lencana profil”, (4) tambahkan skrip html yg diberikan ke halaman web/blog–widget.

  14. mas pas langkah kelima waktu cek partisi ada tulisan root tdk terbaca.bila di ok akan muncul lagi dan lagi

    1. karena menggunakan WUBI, sebaiknya pemartisian otomatis menggunakan yg “guided: use entire…”. jika masih terjadi error, pastikan kondisi partisi windows yg ditempati dalam kondisi yg bagus (tidak bad-sector atau corrupt). coba lakukan defragmen sebelum instalasi. pastikan juga free space-nya cukup.

  15. mas mas…..
    aku kok nggak bisa sukses yah di langkah ke limanya

    malah bengong tuh kompi ku

    eh,kompi ku pake mobo asus p5vd2x ,dual core ,1 gb

    kasih masukan dong mas
    😀

    1. berarti proses instalasi ubuntu belum berjalan? coba deh periksa media instalasi (cd/dvd ubuntu), periksa cd/dvd-drive, atau periksa kondisi memori dg memtest. kemungkinannya ada masalah dalam pembacaan media instalasi dari cd/dvd melalui cd/dvd-drive kemudian ke memori.

      coba juga booting melalui cd/dvd-drive dan pilih menu “try ubuntu…”, jika lancar hingga menampilkan desktop ubuntu live-cd, berarti media dan drive tidak ada masalah (termasuk memori). kemungkinan terakhir tinggal di sistem windowsnya dan format partisi harddisk. pastikan kompi bersih dari virus dan keluarganya. semoga membantu😀

      mungkin pengunjung yg lain bisa menanggapi…

  16. mas numpang nanya…saya instal XP di Drive C (Sukses)
    trus instal Ubuntu di drive D (Sukses tanpa menggunakan Wubi).

    Tapi anehnya pass booting ko yang keluar cuma pilihan Os Xp doang….tolong saran nya dunk…tengkyu…

    1. Ubuntu biasanya dilengkapi dg GRUB Grand Unified Bootloader yg berfungsi untuk memberikan pilihan booting. Apakah anda menggunakan cara 2 membuat dual boot? GRUB harus diinstal di Master Boot Recprd (MBR) dari harddisk, bukan pada awal partisinya. Jika begitu, ikuti petunjuk untuk mengembalikan GRUB yg bermasalah.

  17. Bagaimana dengan virus yang menginfeksi OS Windows nya ?? apakah bisa menginfeksi sistem Linux nya juga ?? secara sistem Linux nya kan disimpan sebagai folder dalam sistem OS Windows ?? mohon pencerahannya…🙂

    1. virus2 windows yg populer ditulis dlm bahasa VB atau VC yg berjalan lancar di lingkungan windows (menggunakan librari bawaan windows). secara umum, virus windows tidak dapat menginfeksi sistem Linux. kecuali, virus tsb dikompilasi ulang di Linux.

  18. Cara pertama ini juga bisa diterapkan pada Kubuntu, Xubuntu, Linux Mint, dan lainnya yang menyertakan WUBI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s