Dual Boot Windows – Ubuntu (2)

Bila pada cara pertama kita memanfaatkan kecanggihan WUBI untuk menginstal Ubuntu, cara kedua adalah menggunakan installer dari Ubuntu sendiri. Syaratnya, atur agar komputer dapat melakukan boot melalui CD/DVD, masukkan Ubuntu 9.04 Live CD yang sebelumnya bisa di-download atau dibeli, dan tunggulah hingga muncul menu booting seperti tampak pada gambar di bawah ini:

Boot CD Menu
Boot CD Menu

Pilih “Install Ubuntu” dan ikuti langkah-langkah Instalasi Ubuntu 9.04 hingga mencapai proses pemartisian yang ditunjukkan gambar berikut:

Guided Partition
Guided Partition

Pada gambar ditunjukkan bahwa Ubuntu secara otomatis mendeteksi keberadaan Windows XP di dalam harddisk, kemudian memberikan saran untuk “Install theme side by side, choosing between them each startup” yang artinya kira-kira “Instal mereka (Windows XP dan Ubuntu) berdampingan, pilih salah satu setiap memulai”. Inilah hebatnya Ubuntu (dan Linux tentunya) yang dengan suka-rela bersedia di-instal berdampingan dengan OS lain.πŸ˜€

Kemudian lanjutkan instalasi hingga Ubuntu meminta proses restart. Dan sesaat setelah proses restart, Ubuntu akan menampilkan boot menu dengan pilihan untuk masuk ke Ubuntu atau Windows XP.

GRUB
GRUB

Nah, sampai di sini, kita telah memiliki komputer dual boot dengan Ubuntu dan Windows XP di dalamnya. Bedanya dengan cara pertama, file-file sistem Ubuntu diinstal pada partisi terpisah dari Windows (biasanya menggunakan Ext3). Dan… partisi sistem Ubuntu dan Linux umumnya tidak dapat di-“baca” secara langsung oleh Windows, sedangkan partisi Windows (FAT dan NTFS) dapat dengan mudah di-“baca” dan di-“tulisi” melalui Linux.

Selamat mencoba!

6 thoughts on “Dual Boot Windows – Ubuntu (2)

  1. mas saya mau tanya..saya kan sudah windows xp lalu saya menginstal lagi ubuntu tetapi kenapa pas booting hanya ubuntu saja ya pilihannya tidak ada pilihan untuk kewindows..saya sudah cek ke terminal lalu saya ketik sudo fdisk -L ternyata masih ada windows xp saya tetapi kenapa pas booting tidak ada pilihannya ya mas….minta caranya dong biar bisa windows xp bisa booting lagi

  2. Mas,saya liat,mungkin pnjlsan di blog mas yang pling jelas,tapi saya ada pertanyaan dikit ni mas,stelah di instal ubuntu dan berhasil ,komputer saya reboot lgsung msuk ke windows mas,trus saya coba pke F8, tp yang ada cuma windows aja mas,gimana cara agar bisa masuk ubuntu nya mas,terimakasih sebelum nya

  3. Halo mas Slamet..
    Eh, mas ya, bukan pak..
    Hehehe..

    To the point aja deh..
    Saya udah coba kayak gitu mas..

    Tapi pas di GRUB-nya, saya pilih Windows, yang ada malah balik lagi ke menu GRUB..

    Sempet sich saya edit bootloader punya Windowsnya, tapi udah tak balikin ke semula lagi, tetep aja ga mau..

    Terus juga, waktu instal ubuntunya, ada pilihan untuk taruh bootloadernya.. Nah, disana saya pilih tempat yang sama dengan bootloader Windows..

    Apa mungkin gara-gara itu ya?

    Oh iya, sekedar informasi, saya pakenya Ubuntu 9.10, si Karmic Koala..

    Bingung, sebagai mahasiswa yang baru belajar Linux, cari-cari ga ketemu caranya..

    Bisa tolong di e-mail ke saya mas..
    Terima kasih ya sebelumnya..

    1. πŸ˜€ untuk GRUB seharusnya di-instal pd MBR / Master Boot Record drive (hd0,0), coba cek petunjuk ini dan yg ini.

Tinggalkan Balasan

