Dell Vostro A840

Sudah hampir sebulan, laptop Dell Vostro A840 ini menjadi milikku. Apa istimewanya? Biasa aja sih, bagiku… ini laptop pertamaku yang dibeli dalam keadaan “gres” alias baru. Selama ini, aku sudah pernah menggunakan: Toshiba Tecra 8200 (Intel P3 850), BenQ (Intel Celeron), Toshiba Satellite M55 (Intel P4 Mobile), dan Vostro A840 ini.

Dell Vostro A840
Dell Vostro A840

Baguskah laptop ini? Bagiku, membeli laptop harus melihat kebutuhan dan pekerjaan yang akan dilakukan olehnya. Yuk kita lihat dulu spesifikasinya. Catatan: ini bukan data teknis resmi.

Spesifikasi Dell Vostro A840

  • Intel Pentium 4 Dual-Core 1.86GHz (T2390)
  • 1 GB DDR2 SDRAM
  • 120 GB harddisk drive
  • LAN-Modem-WLAN
  • DVD R/RW
  • 14,1 inch TFT LCD
  • Touchpad
  • VGA, Sound

Harga: Rp. 6.500.000,-

Mahal? Mungkin jika dibandingkan beberapa merek lain yang bisa “memberi lebih” dengan harga sama atau lebih rendah.😀 kali ini yang dibeli adalah gengsi, Dell gitu lho. Meskipun tidak banyak juga (disekitarku) yang tahu pengalaman Dell dalam bisnis IT.

Kekurangan dari Dell Vostro A840 ini diantaranya: tidak tersedia webcam, colokan USB hanya ada 2 (dua), dan kualitas suara speaker yang rendah. Tapi kekurangan tersebut memang tidak dibutuhkan atau bisa digantikan. Dan lagi, siapa sih yang mau presentasi multimedia dengan speaker internal laptop?!

Yang jelas, bagiku Dell Vostro A840 ini sudah cukup untuk pekerjaanku saat ini (mengajar jaringan, pemrograman, dan desain web). Selain itu, seluruh driver yang disertakan berfungsi 100% tanpa perlu repot-repot download.

Semoga bermanfaat…

25 thoughts on “Dell Vostro A840

  1. saya pake ini DELL A840 mulai 2009 sampe sekarang memang luar biasa ini jarang bikin sengsara yang berat. tahan banting pokoknya punya temen2ku harga lbh murah dan spek lbh tinggi tapi baru 2-3 tahun udah batuk2 bahkan motherrboardnya mati dan jual kondisi mati g bisa hdp lg

  2. laptop saya juga dell vostro a840, lptop ni menurut saya bagus dan sgt berguna, kalo speaker rasanya gak papa deh gak jadi masalah cm mungkin untuk gaming gak terlalu hebat.. Tapi kalo performa lumayan bagus… Kurangnya panasan kipasnya tidak kuat untuk menahan panas sampe mati deh akhirnya wkwkwk

  3. saya pengguna dell vostrom a840 juga
    menurut sich bagus yach soalnya mpe skrng (hmpr 2 thn) bru trouble sekali
    pasalnya kurang hati2 alias ceroboh
    buat temen2 yg pake dell vostro a840 jg saya saranin jangan pakai di tempat yang bisa nenggangu lubang kipas processor yang ada di bawah laptop bagian kiri laptop dell vostro a840
    soalnya itu bisa menyebabkan laptopmu sering ngambek
    ^^
    trims…

  4. kelebihan dari leppy yg satu ini adalh=
    tahan banting wkwkwkkw
    udah jatuh beberapa kali dan sempat xtreme juga
    hanya kipasnya yg bunyi….
    sedang punya temenku jatuh hampir sama kaya punyaku lgsg masuk rs leppy wkwkw

  5. Ikut Nimbrung neh, aku pengguna Dell vostro A840 juga, aku beli dah hampir 1 tahun yang setia menemani ku dalam bekerja maupun dlm berbisnis, dan pengalaman ku selama ini aman2 saja ko, oh iya klo dell kamu g bs wifi coba di install ulang aja drivernya itu pernah terjadi juga sm aku dan akhirnya aku install ulang drivernya dan sampai skr wifi ku lancar. trims

  6. Waah..?? Ternyata banyak yg pake Dell ya..? Aq pake Inspiron 1440. Seru juga. Tahan banting & ga iseng. Kondisi baterai aman, & kondisi suhu juga ga terlalu panas. Speaker, emang standard deh. Emang ga seperti Laptop2 lain yg menanam speaker terkenal (Seperti Altec Lansing, dll.)
    Mungkin jika ada yg bersedia, bisa membuat Asosiasi pengguna Dell Indonesia..?
    Temenku mau jual Dell A840. Ada yg tau gak harga second Hand..? Terima kasih.

  7. Klu boleh tau , napa ya Dell A840 ini cepat kali panas na. n Klu da panas laptop na langsung mati. Ap penyebab laptop ini kayak gini. N Battery na cpt kali lobet na.

    1. 😀 yg jelas saluran sirkulasi udara kurang, terutama di bagian bawah hanya mengandalkan bodi. jangan menggunakan laptop ini di atas media yg empuk (kasur, bantal, selimut, dll). gunakan di tempat yg datar, tambahkan coolpad juga utk pemakaian lama. utk baterai, sejak awal nulis artikel baterai laptop saya gak ada masalah. coba aja lepas jika menggunakan power listrik langsung…

  8. aku jg cinta ama laptop Dell ku ini, laptop pertama yg memang dibeli setelah menunggu sekian lama (nunggu dollar turun). aq kira speakerku aja yg kata org sunda mah suaranya “rebek” alias ga bagus, ternyata emang gt ya. tapi yg bikin sedih, ko br 6 bulan batere nya ga bisa d charge yah??? jd dah 2 minggu ini kaya kmptr PC yg mesti langsung nyolok ke listrik, masih garansi sih, tapi ya lumayan jg makan waktu untuk ngurusinnya. kemaren dah nyoba k service centernya tapi pas lg tutup..

    1. di Vostro-ku sih ada stiker Windows Vista Basic, resiko pake Vista… lelet. kalo sekedar office dan internet sih, ok2 aja.

  9. brarti hmpir sama kaya msi v220 gak ? q lg nyari lptop . uda pnya vostro a840 . pngen cri yg skelas gt , ,ad yg ba ksh rkomendsi gk nh ?

  10. terimakasih review-nya..
    Kira-kira untuk mahasiswa spec yg diberikan dell vostro A840 sesuai dg kebutuhan g ya? (sebagai mahasiswa, paling butuh ngetik *batrainya tahan lama*, presentasi, dan browsing, atau program tambahan ngedit pic).🙂

    1. menurutku sih cocok aja. untuk keperluan office (mengetik + presentasi) dan browsing, baterai Vostro A840 cukup utk (kurang-lebih) 3 jam. untuk pekerjaan edit foto sederhana (photoshop + coreldraw), lumayan bisa diandalkan. hanya, kalo mau maen game, dengerin lagu, atau nonton film yg serius (dihayati, dinikmati)… vostro ini lumayan “panas” kalo harus di-pangku dan… kualitas suara audionya😀 jelek kalo keras2.

  11. apakah banyak yang punya pengalaman beli produk ini susah diidupin?? kemarin saya baru beli, waktu test bisa nyala. tapi begitu pulang tidak bisa dinyalakan. ada yang bisa bantu???

    1. coba di-charge dulu baterai sesuai petunjuk (6 jam kalo ndak salah). sejak beli hingga hari ini, Dell Vostro A840 saya langsung “on”. atau, retur aja ke tokonya.

  12. bos…sy pakai ud 5 bulan.tp sekarang powernya susah diidupin…kudu copot batre trs dipasang lagi baru nyala…knapa ya??ada yg bisa bantu gak??

    1. mending diklaim aja garansinya, mungkin memang kondisi baterenya yg kurang bagus.

    1. saya dulu thn 2009 dell a840 ini 6,5jt haha tp gk nyesel bertahan sampai sekrang 2014 di pake apa aj siang mlm pernah sampai gk mati 3hr 3 mlam tetap tersenyum ni lptp. ku bongkar pasang casingnya smpe sekrg baut yg terpasang cuma 4 butir aj haha tp tetap senyum ni lptp syg bgt deh ni brg gw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s