[Qs 2:183] Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa (Qs 2:183)
Bulan Rajab telah dilampaui, bulan Sya’ban pun telah tiba dipenghujungnya. Ramadhan semakin dekat, semoga Allah berkenan mengabulkan doa… “Allahumma bariklana fi rajab wa sya’ban wa ballighna romadhon.” Ya Allah anugerahkanlah kepada kami barokah di bulan rajab dan sya’ban serta sampaikanlah kami ke bulan ramadhan.

Puasa bermakna imsak atau menahan diri dari makan, minum dan segala sesuatu yang membatalkannya dari waktu fajar sampai tenggelam matahari. Esensi puasa bermakna pengendalian diri dari hal-hal yang merusak dan dari memperturutkan selera hawa nafsu. Dan di antara hikmah dari ibadah Ramadhan adalah adanya kebersamaan saat ifthor dan saat memulai puasa, kebersamaan dalam ibadah shalat Fardhu dan shalat Tarawih serta kebersamaan dalam aktifitas ibadah lainnya. Kebersamaan ini juga diharapkan terjadi pada penetapan awal Ramadhan danIdul Fitri. Kesiapan bersatu dalam hal yang prinsip adalah bentuk kematangan dalam beragama, sebagaimana kesiapan berbeda dalam cabang agama adalah bentuk toleransi dan kedewasaan dalam beragama.

Selagi online, tetap waspada dari hal-hal yang membatalkan dan merusak pahala puasa. Jadi… kunjungi situs-situs yang bisa memberikan manfaat berupa ilmu pengetahuan dan informasi-informasi positif, jangan lupa juga… baca qur’an.

  • Qur’an Online di sini,
  • Software Islami di sini,
  • Media Islami di sini,
  • Tafsir Qur’an Online di sini,
  • Multimedia Islami di sini, dll yang bisa ditemukan dengan bantuan Google.

Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari sebelumnya dan segala amal kita diterima Allah SWT… amiin.

Iklan