Toshiba Satellite M305-S4910
Toshiba Satellite M305-S4910

Bagaimana tidak, laptop yang dibeli dengan harga cukup mahal +7,5 juta tapi tidak ada dukungan recovery system yang baik. Pengguna disuruh membuat recovery-nya sendiri. Itu yang dikatakan teman pemilik laptop ini ketika menghubungi toko tempatnya membeli. Dan… memang sudah disediakan utilitasnya.

Oke-lah bila yang membeli adalah seorang geek. Tapi bila yang beli adalah orang awam? Dan, lucunya… ketika terjadi transaksi penjual tidak memberitahukan hal ini. Padahal, sebaiknya back up dibuat sebelum komputer banyak digunakan (terutama transfer file dan koneksi internet). Baru kemudian setelah aplikasi bawaannya habis masa berlakunya (kalo gak salah Norton 360, trial 30 hari), baru terpikir untuk me-restore-nya dan baru sadar jika penjual tidak memberikan (atau memang tidak tersedia?) CD/DVD recover-nya.

Karena habis masa percobaan Norton 360, akhirnya aplikasi ini dihapus dan digantikan dengan Avira Antivir Free Edition. Setelah di-update kemudian digunakan untuk men-scan dan hasilnya… beberapa virus tertangkap!

Pentingnya CD/DVD Recover baru dirasakan ketika Windows Vista (original) mengharuskan update. Ternyata Windows Defender tidak aktif. Selain itu, Windows Update juga selalu gagal! Coba-coba periksa layanan (service), ternyata 2 (dua) layanan itu tidak terdaftar!!! Aneh! Apa mungkin terhapus bersamaan virus-virus yang ditangkap oleh Antivir???

Karena eman (sayang) dengan Windows Vista Home Premium original-nya, sang kawan ini minta agar laptopnya di-recover. Dan… DVD Recovery yang dibuatnya (menggunakan utilitas yang terinstal) GAGAL melakukan recovery!

Terpaksa… harus mengembalikannya ke toko dimana membeli M305-S4910 ini. Ini tanggung jawab mereka untuk memberikan layanan yang baik. Jika tidak mau? Jangan lagi membeli dari tempat itu!

Iklan