iP1980

Beberapa waktu yang lalu iP1980-ku selalu dipasangkan dengan Linux Mint yang merupakan keturunan Ubuntu (sedang Ubuntu keturunan Debian). Baik itu Mint, Ubuntu, atau Debian, ketiganya tentu saja mempunyai cara yang sama dalam operasionalnya. Yang berbeda–menurutku–hanya selera tampilan dan pilihan paket aplikasi. Sehingga untuk memasangkan iP1980 ke keluarga Debian relatif sama; apalagi jika menggunakan mode teks (shell).

Kali ini, iP1980 ku pasangkan dengan openSUSE 11.1 (hadiah majalah InfoLINUX edisi 03/2009). Tidak ada yang lebih baru? πŸ˜€ ada sih, tapi lupa dimana naruh CD ISO-nya. Kenapa openSUSE, suka aja dengan tampilan dan sistem manajemen bernama YaST (Yet another Setup Tool) yang memberikan kemudahan dalam melakukan setup openSUSE berbasis grafis (GUI).

Bagi pengguna openSUSE tentu sudah tahu bagaimana menjalankan Yast ini. Pilh dari menu openSUSE Logo > Computer > YaST.

Yet another Setup Tool (YaST3)
Yet another Setup Tool (YaST3)

YaST ini ibarat Control Panel pada Microsoft Windows. Pada tampilan YaST seperti di bawah ini, pilih Hardware kemudian klik pada Printer.

YaST Printer
YaST - Hardware - Printer

Karena instalasi openSUSE-nya baru, maka belum ada printer yang terinstal. Klik tombol “Add”. Jangan lupa untuk menyambungkan iP1980 ke komputer. OpenSUSE akan secara otomatis mendeteksi keberadaan printer dan driver yang bisa digunakan.

Yast Printer

Printer iP1980 memang terdeteksi, tapi… sayangnya tidak ada driver yang bisa digunakan. Tutup saja jendela Printer Configurations tersebut. Download dulu drivernya di sini. Kemudian buka lokasi file menggunakan perambah file (Dolphin atau Konqueror), dan langsung ekstrak saja.

iP1980 Terdeteksi
iP1900 RPM Printer

OpenSUSE yang merupkan turunan RedHat mempermudah proses instalasi file-file RPM hanya dengan klik pada filenya. Untuk melakukan instalasi driver, lakukan secara bertahap.

  1. klik pada cnijfilter-cmmon-3.00-2.i386.rpm terlebih dahulu.
  2. kemudian klik pada cnijfilter-ip1900series-3.00-1.i386.

Kemudian kembali ke YaST > Hardware > Printer. Klik lagi tombol “Add”. Setelah proses di atas, openSUSE telah memiliki paket driver yang dibutuhkan untuk iP1980. Pilih nama drivernya (Canon iP1900 series Ver.3.00 [canonip1900.ppd]), dan klik tombol OK.

Driver Canon iP1900 Series

Kalo tidak ada masalah, pada jendela Printer Configurations akan menampilkan nama printer “canonip1900 series”. Untuk memastikan printer terinstal dengan baik, klik tombol Print Test Page di bawah daftar printer.

Alhamdulillah… Canon iP1980-ku berhasil dipasangkan dengan openSUSE 11.1. Selamat mencoba.

Iklan