Soal UN 2010 Teori Kejuruan (RPL)

Alhamdulillah, soal-soal Ujian Nasional 2010 untuk Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) akhirnya bisa selesai di-konversi. Dengan bantuan scanner dan software OCR (Optical Character Recognition), lembaran-lembaran soal itu dapat dibaca dengan “cukup” baik, mengingat kualitasnya yang seperti hasil foto-kopian, bagiku.

Hasil akhirnya, kupertahankan persis seperti aslinya. Tidak ada koreksi untuk edisi perdana ini. Harap maklum, aku juga nggak ngerti 100% dengan maksud soal. Takut salah dan malah menyesatkan. Insya Allah nanti ada edisi revisi, versiku sendiri. Unduh dari tautan di bawah ini ya.

Jujur aja ya, soal teori kejuruan (khususnya RPL ini) banyak sekali redaksi soal dan pilihan jawaban yang membingungkan. Tidak sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan kaidah bahasa Indonesia. Bagi yang sudah expert, mungkin bisa menjawab 80% – 90% soal. Bagi yang tinggal di kota kecil sepertiku, bisa mengerjakan 40% – 50% soal itu sudah cukup untuk bisa lulus UNAS 2010.

By the way, mungkin ada yang mau berbagi pengalaman tentang UNAS 2010. Satu orang siswaku dari SMK Al-Khoiriyah, Baron dinyatakan tidak lulus karena nilai Ujian Teori Kejuruan-nya kurang dari 4,00. Selain itu, ada 18 siswa dari SMK Negeri 1 Nganjuk (SMK Kecil) yang dinyatakan tidak lulus karena nilai Teori Kejuruan-nya kurang dari 4,00.

Semoga dengan sharing ini, dapat memberikan sedikit sumbangan untuk kesuksesan UNAS 2011 mendatang.

10 thoughts on “Soal UN 2010 Teori Kejuruan (RPL)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s