iP1900 di Ubuntu 10.04 LTS

Duh! Pengennya nyoba Ubuntu 10.04 LTS yang di-launching bulan april kemaren, lha kok printer kesayanganku tidak dikenali?! Aku coba pasang dan deteksi otomatis, tapi… sayangnya Ubuntu tetap saja tidak menyertakan driver printer ini. Apa gak banyak yang pake ya? Yang ada dalam kamus driver hanya iP2000. Hal ini juga pernah terjadi dengan Mint 8.0 Helena dan iP1980. Kucoba deh cara-cara yang sama, tapi.. apa yang terjadi? File pustaka libcupsys2 yang dulu kupakai tidak ditemukan!😀 ternyata versinya berubah, download di sini dan ambil versi terakhirnya ya.

Masalah lain timbul, driver iP1900 untuk Linux tidak bisa di-unduh hari ini. Untungnya, sudah kusimpan di tempat lain (cek halaman download). Harus disimpan di harddisk nih.

Setelah semuanya diunduh, lakukan aja proses instal melalui terminal dengan perintah dpkg -i. Untuk driver iP1900-nya harus di-ekstrak dulu baru kemudian diinstal dengan perintah yang sama. Direktori unduhanku ada di “Downloads”.

cd Downloads
sudo dpkg -i libcupsys2*.deb

Kemudian ekstrak file driver iP1900 dengan perintah:

tar -xf iP1900_debian_printer.tar
cd iP1900_debian_printer
sudo dpkg -i cnijfilter*.deb

Ok, pustaka CUPS dan driver iP1980 telah terinstal. Selanjutnya printer ditambahkan lewat menu System > Administration > Printing. Klik tombol [Add], pilih Canon iP1900 dan aku ikuti saja langkah-langkah dengan meng-klik tombol [Forward].

Alhamdulillah, test print-nya berhasil. Semoga bermanfaat untuk yang lain.

4 thoughts on “iP1900 di Ubuntu 10.04 LTS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s