Atas permintaan seorang kawan yang mengunjungi blog ini beberapa waktu yang lalu, kali ini aku akan menulis tentang instalasi printer Canon iP1900 pada PCLinuxOS. Linux sebagai operating system (OS) dengan lisensi open source menjadikannya sebagai OS dengan turunan paling banyak (menurutku). Linux menjadi beraneka ragam karena sistem distribusinya. Masing-masing distribusi memiliki koleksi paket dan cara pemaketan yang berbeda. Beberapa pemaketan yang umum di antaranya: Debian (.deb), RedHat (.rpm), dan Slackware (.tar).

PCLinuxOS, meski dikatakan bukan keturunan RedHat, namum menggunakan format .rpm sebagai sistem paketnya. Sedangkan Canon iP1980 merupakan printer rumahan yang paling populer (menurutku) karena kita dapat menerapkan sistem infus pada printer model ini. Selain itu, Canon menyediakan driver printer versi Linux di sini.

Baiklah, konfigurasi yang aku gunakan adalah:

  • PCLinuxOS 2010 LXDE.
  • Canon iP1980 dengan driver yang dapat didownload di sini.

Lanjut ke langkah-langkah instalasi printer iP1980 series.

Pertama, unduh dulu driver iP1980, kemudian ekstrak. Jika anda menggunakan Firefox 3.x sebagai browser, biasanya hasil unduh akan disimpan dalam direktori “Downloads” pada direktori “Home” anda.

Kedua, aku masih suka menggunakan cara lama yaitu shell. Buka jendela terminal (LXTerminal, pada contoh ini),  login sebagai root dengan menggunakan perintah su.

$su <enter>
Password: <isikan password dan enter>
#cd Downloads
#tar -xf iP1900_RPM_printer.tar
#rpm -ivh cnijfilter*.rpm

Tunggulah hingga proses instal selesai.

Ketiga, nyalakan printer iP1980 anda dan hubungkan ke PC. PCLinuxOS akan secara otomatis mengaktifkan “Printerdrake”.

Printerdrake
Klik YES
Print Daemon
Klik YES
Canon iP1900 Series
Klik OK

Saat proses berakhir, tidak ada  informasi apa-apa pada PCLinuxOS 2010 LXDE yang aku gunakan. Langkah selanjutnya melakukan testing cetak dari text editor Leafpad. Anda juga bisa memastikan printer terinstal melalui PCLinuxOS Control Center seperti pada gambar di bawah ini. Pilih bagian Hardware > Configure printing and scanning > Set up the printers….

PCLinuxOS Control Center
PCLinuxOS Control Center

Semoga bermanfaat…

Iklan