PCLinuxOS dan iP1900

Atas permintaan seorang kawan yang mengunjungi blog ini beberapa waktu yang lalu, kali ini aku akan menulis tentang instalasi printer Canon iP1900 pada PCLinuxOS. Linux sebagai operating system (OS) dengan lisensi open source menjadikannya sebagai OS dengan turunan paling banyak (menurutku). Linux menjadi beraneka ragam karena sistem distribusinya. Masing-masing distribusi memiliki koleksi paket dan cara pemaketan yang berbeda. Beberapa pemaketan yang umum di antaranya: Debian (.deb), RedHat (.rpm), dan Slackware (.tar).

PCLinuxOS, meski dikatakan bukan keturunan RedHat, namum menggunakan format .rpm sebagai sistem paketnya. Sedangkan Canon iP1980 merupakan printer rumahan yang paling populer (menurutku) karena kita dapat menerapkan sistem infus pada printer model ini. Selain itu, Canon menyediakan driver printer versi Linux di sini.

Baiklah, konfigurasi yang aku gunakan adalah:

  • PCLinuxOS 2010 LXDE.
  • Canon iP1980 dengan driver yang dapat didownload di sini.

Lanjut ke langkah-langkah instalasi printer iP1980 series.

Pertama, unduh dulu driver iP1980, kemudian ekstrak. Jika anda menggunakan Firefox 3.x sebagai browser, biasanya hasil unduh akan disimpan dalam direktori “Downloads” pada direktori “Home” anda.

Kedua, aku masih suka menggunakan cara lama yaitu shell. Buka jendela terminal (LXTerminal, pada contoh ini),  login sebagai root dengan menggunakan perintah su.

$su <enter>
Password: <isikan password dan enter>
#cd Downloads
#tar -xf iP1900_RPM_printer.tar
#rpm -ivh cnijfilter*.rpm

Tunggulah hingga proses instal selesai.

Ketiga, nyalakan printer iP1980 anda dan hubungkan ke PC. PCLinuxOS akan secara otomatis mengaktifkan “Printerdrake”.

Printerdrake
Klik YES
Print Daemon
Klik YES
Canon iP1900 Series
Klik OK

Saat proses berakhir, tidak ada  informasi apa-apa pada PCLinuxOS 2010 LXDE yang aku gunakan. Langkah selanjutnya melakukan testing cetak dari text editor Leafpad. Anda juga bisa memastikan printer terinstal melalui PCLinuxOS Control Center seperti pada gambar di bawah ini. Pilih bagian Hardware > Configure printing and scanning > Set up the printers….

PCLinuxOS Control Center
PCLinuxOS Control Center

Semoga bermanfaat…

7 thoughts on “PCLinuxOS dan iP1900

  1. saya telah install ip 1900 di PC linux. tapi ada masalah kalo mau ngeprint kertas landscape, hasilnya selalu potrait. apa yang salah..mohon pencerahan.

    1. coba cari menu Printer dlm “Control Center”-nya, kemudian coba:
      1. klik-kanan nama printer yg terpasang, atau
      2. klik pd nama printer,

      kemudian coba lihat2 menu “Actions”, “Options”, atau bahkan “File”, barangkali ada menu yg cocok.

      maaf, saya lebih sering pake Ubuntu

  2. Masih kagak bisa mas……
    saya dah nyoba diartikel2 yang laen, gak ada yang bkerja sama sekali… ad yg berhasil terinstal tapi waktu ngeprint, printer state : idle : yang artinya tidak siap/ gmana gtu….
    ada yang laen, tapi pesene eror, ada yang missing driver… kurang filter2 gtu dipesanya… jiuh….😀

    1. Distro Linux apa yg digunakan? coba periksa depedencies yg dibutuhkan utk instal driver ip1900 atau ip1800. saya sdh coba dan berhasil semua dg langkah yg saya tulis, baik utk Linux Mint (keluarga Ubuntu) juga PCLinuxOS.

  3. buat lae slamet……………. terimakasih banyak atas kemurahannya bagi-bagi ilmu, sekarang saya sudah bisa menggunakan printer canon ip1900-ku berkat informasi dari lae. Sekali lagi, mauliate godang lae, semoga lae murah rejeki dan semakin bertambah-tambah pengetahuan dan semakin berjaya, amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s