This Copy of Windows is not genuine

This copy of Windows is not genuine
This copy of Windows is not genuine

Kesel rasanya menjumpai informasi macam ini di PC kesayangan kita, baik di rumah, di kantor, atau di sekolah. Tapi, mau gimana lagi, emang nggak asli / ori-ginal (not genuine). Dikatakan tidak asli bukan jiplakan, melainkan karena cara mendapatkannya yang tidak sah. Untuk bisa menggunakan yang asli kita diharuskan memiliki lisensi / hak pakai. Oleh Microsoft disebut sebagai Certificate of Authentication (Sertifikat Keaslian).

By the way, apa mau dikata… sertifikat keaslian hanya bisa diperoleh dengan membelinya melalui perwakilan atau distributor resminya dan harganya… lumayan mahal (Windows 7 Starter dibanderol pada kisaran Rp.500.000 untuk satu-PC), belum lagi aplikasi yang lainnya. Dan lagi, masih banyak yang (terlanjur) tergantung pada Windows dan aplikasi lain di dalamnya. Jadi, menggunakan perangkat lunak “tidak resmi” atau not genuine dalam bahasa Microsoft adalah pilihan termudah dan termurah. Resiko minimalnya adalah tampak pada gambar di atas. Malu nggak ketahuan menggunakan software not-genuine? Nggak ah, banyak yang pake kok… he he he.

Lantas bagaimana jika muncul informasi seperti di atas? Perlu anda ketahui, untuk Microsoft menyertakan perangkat pendeteksi keaslian melalui update otomatis (bahkan di-cap sebagai critical update yang harus dipasang). Pada versi Windows XP, kita dapat melihat nama Windows Genuine Advantage (WGA) sehingga bisa dengan mudah kita lewati. Tapi pada versi Windows Seven berubah menjadi Windows Activation Technologies (WAT) yang terdaftar dengan kode update (tanpa nama) sehingga sulit diketahui. Dengan bantuan Google, aku jadi tahu bahwa WAT ditanam pada update bernomor KB971033. Lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Untuk anda yang awam dengan konfigurasi Windows, gunakan saja perangkat lunak dengan nama Remove WAT. Tanya Google aja dimana bisa mengunduhnya. Aku tidak akan memberi tahu karena ini merupakan kegiatan tidak sah. So, don’t ask!

Bagi anda yang teknisi atau banyak tahu konfigurasi Windows, buka saja Uninstall a program pada Control Panel. Lihat gambar berikut:

Uninstall a program
Uninstall a program

Kemudian pilih View installed updates di sisi kiri jendela, kemudian cari Update for Microsoft Windows (KB971033), klik-kanan, dan klik Uninstall.

Uninstall update
Uninstall update

Jika ditanya apakah yakin akan menghapus update tersebut, jawablah dengan pasti [Yes]. Kemudian restart PC anda dan lihat apa yang terjadi…

2 thoughts on “This Copy of Windows is not genuine

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s