nge-blog untuk apa?

Lama tidak nge-blog, barusan buka dapat komentar dari seorang kawan yang isinya begini.

ngeblog untuk berbagi?..preettt..saya paling tidak percaya dengan gombalan blogger seperti itu,ngoceh ngalor ngidul ngeblog untuk berbagi,tapi sama sekali tidak membuka ruang untuk diskusi…

hanya sekedar komentar di blog saja harus seperti audisi,jika komentarnya menguntungkan bagi pemilik blog,lolos moderasi,jika komentar yg masuk merugikan,jangan harap bisa lolos….

apalagi jika ketemu blog yg hanya berisi copypaste,trus di moderasi,halah…wong isinya blog ya itu-itu saja,blog bukan berisi rahasia negara…

kalau tidak ingin di kritik,jangan post di blog,simpan saja di word,lalu baca sendiri dengan anak istri,jgn di share….

Jadi mikir… iya ya, untuk apa buat blog ya? aku merasa sudah berusaha berbagi, tapi ternyata masih tidak cukup. Bagiku, blog bukan tempat diskusi. Ada banyak forum ajang diskusi yang bisa diikuti. Misalnya: kaskus, Yahoo Groups, dan lain-lainnya.

Diskusi di-blog hanya sebatas komentar. Tentu saja, komentar yang bermanfaat (kritik membangun) akan di-respon oleh pemilik blog. Dan, hak pemiliki blog menyaring komentar-komentar yang masuk. Apalagi pemilik blognya GoBlog seperti aku.

Terutama, jika nge-blog-nya pake wordpress. Pasti ada fasilitas penyaring komentar bernama Akismet. Tujuannya untuk menghalau spam. Walaupun bisa saja dimatikan. Tapi resikonya, akan banyak kometar-komentar berupa iklan-iklan atau tulisan yang tidak sesuai dengan tema blog/kesantunan. Well, terserah kamu kalo mau matiin Akismet.

Copy -paste (Copas) ini sebenarnya merugikan terutama bagi penulis original dari artikel / posting di blog. Poin pentingnya, harga karya orang lain. At least, berikan kredit / backlink ke situs aslinya.

Terakhir, siapapun kamu boleh komen di blog ini. Prinsipnya: Kalo usul gak boleh asal, kalo asal jangan usul. Kalo nggak mau di-saring, komen di blogmu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s