Bimtek Calon Asesor Kompetensi

Mulai hari Selasa, 29 Oktober 2013, diselenggarakan “Bimtek Penyusunan Dokumen Mutu dan Pengembangan Skema Sertifikasi” dan “Bimtek Calon Asesor”. Untuk penyusun dokumen (pendok) mengambil tempat di Hotel 88 Surabaya, sedangkan Bimtek Calon Asesor diselenggarakan di dua tempat yang berbeda, yaitu: Hotel Halogen dan Country Heritage Resort Hotel.

Bimtek Calon Asesor

Bimtek Calon Asesor sebenarnya merupakan workshop untuk mempersiapkan kompetensi asesmen peserta.  Di dalamnya, ada 3 (tiga) kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang asesor, yaitu:

  1. Merencanakan dan Mengorganisasikan Asesmen (TAAASS401C)
  2. Mengembangkan Perangkat Asesmen (TAAASS403B)
  3. Mengases Kompetensi (TAAASS402C)

Selain mengikuti paparan materi 3 (tiga) kompetensi tersebut, peserta juga diharuskan membuat dokumen hingga praktik melakukan asesmen. Direncanakan pada hari terakhir (3 November 2013), real assessment dilakukan, dimana para calon asesor dinilai pemahamannya dan kemampuan dalam melakukan asesmen.

Dikarenakan informasi terkait dengan kegiatan ini sangat minim, persiapan masing-masing peserta dirasa kurang. Sebagai contoh, dalam kegiatan ini dibutuhkan kemampuan meng-operasi-kan perangkat TI seperti komputer/laptop beserta aplikasi wordprocessor. Kemudian, dikarenakan ada dokumen-dokumen yang perlu dicetak, peserta semestinya menyiapkan printer berikut kertasnya. Kemudian juga terkait Standar Kompetensi yang digunakan ternyata mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI).

Selain itu, pemahaman peserta yang semuanya adalah guru SMK tentang sertifikasi profesi juga masih rancu dengan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang merupakan satu rangkaian Ujian Nasional (UN) untuk SMK. Sertifikasi Profesi ternyata terkait dengan suatu jenis pekerjaan bukan dengan standar kompetensi yang diperoleh di SMK. Suatu profesi mungkin melibatkan beberapa kompetensi, dan setiap unit kompetensi itu harus di-uji.

Dengan adanya kegiatan ini, setiap SMK peserta akan menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak I (LSP I). LSP I ini kemudian akan memiliki kewenangan untuk men-sertifikasi siswa lulusan untuk suatu jenis pekerjaan. Sehingga, diharapkan siswa yang telah mengantongi Sertifikat Profesi dapat memperoleh pekerjaan dan tentu saja penghasilan yang sesuai.

Semoga, kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan membawa manfaat untuk peningkatan mutu pendidikan di SMK khususnya.

One thought on “Bimtek Calon Asesor Kompetensi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s