Aplikasi ini diberi nama phpBayar, karena memang dibuat dengan menggunakan PHP. Aplikasi ini sekedar contoh kasus yang aku gunakan ketika menyampaikan materi  Pemrograman Web 2 di Akademi Komunitas Nganjuk.

Walaupun untuk level 2, aplikasi ini masih menggunakan PHP murni, tanpa framework. Aplikasi ini mengutamakan pada tahapan-tahapan pembuatannya, yaaa… workflow-lah mungkin istilahnya.

Anyway, aplikasi ini sudah final dan lengkap untuk keperluan contoh kasus. Untuk mahasiswa, disarankan untuk mengembangkannya dengan menambahkan fitur-fitur baru yang dianggap perlu dan/atau mengembangkan fitur yang ada dengan meningkatkan kompleksitas data yang diolah.

phpbayar: Aplikasi Pembayaran berbasis PHP

Dan… karena aplikasi ini telah final, anda yang berminat untuk: mempelajari, ngintip kode sumbernya, atau sedang membuat aplikasi sejenis, silahkan UNDUH DI SINI.

Dalam file contoh tersebut sudah saya sertakan juga file php_printer.dll untuk PHP 5.5.19 (aku pake XAMPP versi 5.5.19), karena ada fitur cetak langsung ke printer. Fitur itu belum dicoba langsung pada printer dot-matrix ataupun printer kasir, 😀 ndak punya alatnya.

Lain-lainnya, silahkan dicari tahu sendiri. Manfaatkan begitu banyak informasi di dunia maya saat ini. Yang perlu anda lakukan hanya satu, “tanyakan pertanyaan yang tepat”.

Semoga bermanfaat, dan selamat tinggal 2014 !

Iklan