Aplikasi Pembayaran Uang Sekolah berbasis PHP

Aplikasi ini diberi nama phpBayar, karena memang dibuat dengan menggunakan PHP. Aplikasi ini sekedar contoh kasus yang aku gunakan ketika menyampaikan materi  Pemrograman Web 2 di Akademi Komunitas Nganjuk.

Walaupun untuk level 2, aplikasi ini masih menggunakan PHP murni, tanpa framework. Aplikasi ini mengutamakan pada tahapan-tahapan pembuatannya, yaaa… workflow-lah mungkin istilahnya.

Anyway, aplikasi ini sudah final dan lengkap untuk keperluan contoh kasus. Untuk mahasiswa, disarankan untuk mengembangkannya dengan menambahkan fitur-fitur baru yang dianggap perlu dan/atau mengembangkan fitur yang ada dengan meningkatkan kompleksitas data yang diolah.

phpbayar: Aplikasi Pembayaran berbasis PHP

Dan… karena aplikasi ini telah final, anda yang berminat untuk: mempelajari, ngintip kode sumbernya, atau sedang membuat aplikasi sejenis, silahkan UNDUH DI SINI.

Dalam file contoh tersebut sudah saya sertakan juga file php_printer.dll untuk PHP 5.5.19 (aku pake XAMPP versi 5.5.19), karena ada fitur cetak langsung ke printer. Fitur itu belum dicoba langsung pada printer dot-matrix ataupun printer kasir,😀 ndak punya alatnya.

Lain-lainnya, silahkan dicari tahu sendiri. Manfaatkan begitu banyak informasi di dunia maya saat ini. Yang perlu anda lakukan hanya satu, “tanyakan pertanyaan yang tepat”.

Semoga bermanfaat, dan selamat tinggal 2014 !

8 thoughts on “Aplikasi Pembayaran Uang Sekolah berbasis PHP

    1. database sudah dibuat? struktur tabel sudah di-impor? sesuaikan aplikasi XAMPP seperti yg saya gunakan. jika tidak, silahkan diubah konfigurasi php.ini di server.

  1. Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:\xampp\htdocs\phpbayar\index.php:17) in C:\xampp\htdocs\phpbayar\index.php on line 83

  2. maaf, untuk cara aplikasinya di xampp bagaimana ya. kok masih ada peringatan:
    Warning: mysql_connect(): Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: YES) in C:\xampp\htdocs\phpbayar\koneksi.php on line 7
    server database tidak ditemukan!
    maaf, masih newbie

    1. kemungkinan karena user database anda (bawaan default XAMPP adalah root) tidak ber-password. jadi, buka file “koneksi.php” dan ubah bagian
      $password = "root"; menjadi $password = "";

      semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s