Aplikasi Pembayaran Uang Sekolah berbasis PHP

Aplikasi ini diberi nama phpBayar, karena memang dibuat dengan menggunakan PHP. Aplikasi ini sekedar contoh kasus yang aku gunakan ketika menyampaikan materi  Pemrograman Web 2 di Akademi Komunitas Nganjuk.

Walaupun untuk level 2, aplikasi ini masih menggunakan PHP murni, tanpa framework. Aplikasi ini mengutamakan pada tahapan-tahapan pembuatannya, yaaa… workflow-lah mungkin istilahnya.

Anyway, aplikasi ini sudah final dan lengkap untuk keperluan contoh kasus. Untuk mahasiswa, disarankan untuk mengembangkannya dengan menambahkan fitur-fitur baru yang dianggap perlu dan/atau mengembangkan fitur yang ada dengan meningkatkan kompleksitas data yang diolah.

phpbayar: Aplikasi Pembayaran berbasis PHP

Dan… karena aplikasi ini telah final, anda yang berminat untuk: mempelajari, ngintip kode sumbernya, atau sedang membuat aplikasi sejenis, silahkan UNDUH DI SINI.

Dalam file contoh tersebut sudah saya sertakan juga file php_printer.dll untuk PHP 5.5.19 (aku pake XAMPP versi 5.5.19), karena ada fitur cetak langsung ke printer. Fitur itu belum dicoba langsung pada printer dot-matrix ataupun printer kasir, 😀 ndak punya alatnya.

Lain-lainnya, silahkan dicari tahu sendiri. Manfaatkan begitu banyak informasi di dunia maya saat ini. Yang perlu anda lakukan hanya satu, “tanyakan pertanyaan yang tepat”.

Semoga bermanfaat, dan selamat tinggal 2014 !

Iklan

14 thoughts on “Aplikasi Pembayaran Uang Sekolah berbasis PHP

  1. dio

    maaf, ini ada terjadi 2 kesalahan di Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\spp\tapel_hapus.php on line 20 sama Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\spp\tapel_hapus.php on line 20

    Balas
  2. Irfan As

    Maaf pak bagaimana ya cara untuk memasang API di Aplikasi kita misalnya API google maps mohon bantuanya pak dan terimakasih ……

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      cara mudahnya, pilih lokasi di map yang mau ditampilkan. klik “share”, klik “embed map” untuk mendapatkan kode , copas kode tersebut ke posisi map akan ditampilkan dalam aplikasi/web. contohnya seperti di bawah ini:

    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      database sudah dibuat? struktur tabel sudah di-impor? sesuaikan aplikasi XAMPP seperti yg saya gunakan. jika tidak, silahkan diubah konfigurasi php.ini di server.

  3. hery macho

    Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at C:\xampp\htdocs\phpbayar\index.php:17) in C:\xampp\htdocs\phpbayar\index.php on line 83

    Balas
  4. Abdu

    maaf, untuk cara aplikasinya di xampp bagaimana ya. kok masih ada peringatan:
    Warning: mysql_connect(): Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: YES) in C:\xampp\htdocs\phpbayar\koneksi.php on line 7
    server database tidak ditemukan!
    maaf, masih newbie

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      kemungkinan karena user database anda (bawaan default XAMPP adalah root) tidak ber-password. jadi, buka file “koneksi.php” dan ubah bagian
      $password = "root"; menjadi $password = "";

      semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s