Canon PIXMA iP1900 Series di Linux Mint 6

PIXMA iP1980

PIXMA iP1980

Alhamdulillah… akhirnya ketemu juga driver Linux untuk Canon PIXMA iP1980-ku. Sekarang printer itu sudah dapat digunakan untuk mencetak. Tahu nggak, driver itu ternyata sudah tersedia di situs Canon Eropa, klik di sini untuk mengunduhnya. Driver ini bergantung (dependency) pada libcupsys2. Tentu saja harus di-instal terlebih dahulu dengan cara:

sudo apt-get install libcupsys2

Baru kemudian, gunakan terminal dan masuklah ke direktori unduhan driver tersebut. Formatnya sih masih .tar. Jadi harus diekstrak dulu.

cd Downloads

tar -xf iP1900_debian_printer.tar

sudo dpkg -i cnijfilter*.deb

Tidak akan lama, driver printer akan terinstal. Sekarang saatnya mengkonfigurasi printer. Aku hubungkan printer iP1980 ke komputer dengan Linux Mint 6. Linux akan secara otomatis mengenali perangkat itu sebagai iP1900-series. Klik tombol [configure].

Configure Printer

Configure Printer

Pastikan pada bagian Make and Model-nya adalah Canon iP1900 series Ver.3.00. Jika belum, klik tombol [Change] di sampingnya.

Configure Printer

Configure Printer

Pilih “Select printer from database” dan pilih Canon pada bagian “Makes”, trus klik [Forward]. Pilih iP1900 Ver.3.00 pada kolom “Models”, kemudian klik [Forward].

Configure Printer

Configure Printer

Untuk memastikan berhasil atau tidaknya instalasi driver ini, lakukan Print Test Page.

61 thoughts on “Canon PIXMA iP1900 Series di Linux Mint 6

  1. Denmas

    mas, sudah terinstal tapi kenapa blum bisa dipake ya…. buat ngeprint gak bisa, di mprint test page juga ga bisa, kalo printernya masih fit kok…

    Balas
  2. wahyu

    terima kasih ya mas atas bantuannya…saya baru migrasi ke linux min 9.makanya agak kesulitan waktu mo ngeprint…ntar lw seandainya ada kesulitan lagi boleh dong tanya-tanya?

    Balas
  3. wahyu

    mas,lw mo instal driver canon ini apa mesti connect ke internet?lw kayak saya yg gk connect gmna?trus pke terminal buat instalnya gimana?mohon pencerahannya.

    Balas
  4. ferr

    reset software udah aku download pas “test pattern”, printer bisa jalan cuma waktu mau print dokumen printer gak jalan padahal lampu sudah on, printer juga udah dikenali sama komputer. gmn mas please…..tuolongen aq. trim’s….

    Balas
  5. Binsar Sianipar

    aga fuang lae……, udah ku donlot drivernya. mauliate godang ya, but…please lah lae, gimana cara instal-nya. udah kucoba tapi nggak bisa-bisa juga, so……. tolong lah aku lae. Mauliate da.

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      mohon sabar, saya sedang coba instal PCLinuxOS… dan ip1900-nya 🙂

  6. Binsar Sianipar

    Lae, aku pake pclinuxos. Dimana aku dapat driver printer canon pixma ip1980 dan gimana cara instal-nya. aku dah pening nih, printerku nggak bisa pake jadinya.

    Balas
  7. ferr

    mas tinta printerku canon ip1900series habis lalu aku injek sendiri eh malah gak bisa buat cetak, padahal caartridge udah terpasang,gmn mas solusinya?

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      ada yg pernah bilang (lupa alamat web/blognya), coba ganti dg cartridge lain. kemudian kembalikan cartridge yg di-injek. asal… lapisan tembaga (bentuk kotak2) di belakang cartidge tidak tersentuh. listrik statis mungkin merusak sistem dlm cartridge.
      belum (pernah) ada penjelasan resmi/ilmiah dari canon ttg hal ini; karena memang cartridge kosong tidak utk di-refill tapi diganti baru. sudah coba di-reset software?

  8. Yuan

    mas,,printer canon pixma ip 1980 sy lampunya kedap kedip oranye,ijo gt trs sk ada pmbrthuan klo tinta hbs, pas d isi mlh bocor..trs skr mncl tulisan the following ink has run out..itu gmn y mas..?apa catridgenya hrs dganti apa gmn sy ga ngrti..
    lg bth bgt bwt ngprint skripsi nech mas…
    mksh sblmnya

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      pake infus tidak? kalo “ya”, coba lepas cartridge-nya, kemudian pasang kembali. kemudian tekan tombol “reset” kurang lebih 5 dtk.

  9. nickgans

    mas gimana crnya ya kalo isi tinta printer ip1900, yang baru soalnya dicetrg kan ngak ada lubang nya,knapa ya mas diprinter ip1300 dah diisi cetrgnya tapi tampilan dimonitor tetap blum terisi…tq ya mas

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      sebenarnya cartridge didesain tidak untuk diisi ulang. tapi, dibagian atas permukaan ada 2 lubang yg ditutup stiker. coba aja diisi dari situ. saat kita refill (isi ulang), untuk tipe cratridge baru (setahu saya, mulai era canon pixma) tetap tampak kosong di status printer. coba saja di-reset menggunakan software resetter yg banyak terdapat di internet. semoga berhasil.

  10. gu2nbib

    saya coba pasang driver ini di gOS bisa jalan…
    tetapi wktu saya pasang di ubuntu 9.10 kok gak bisa ya mas???
    tolong informasinya ya…

    Balas
  11. kustri

    saya mau pake ip1980 buat cetak sertifikat. kertas yang paling cocok apa ya? bisa ga untuk kertas concord 220 gr? dan kl untuk full colour, catridgenya mampu buat berap lembar? tx

    Balas
  12. angah80

    assalamualaikom mas,,
    saya mau tanya sama mas,, bagai mana kalau nak install driver canon pixmaip1900 papa openSUSE,,,tolong ya mas,,saya udah buntu nihhh,,,

    Balas
  13. zahra

    Aslmkm,,,
    saya punya printer canon ip1900,, masalahnya printer saya ini tidak mw mwngeluarkan tinta merahnya.. knp ya? dah da 3 bln,,, tolong saya ya mas,,, saya lgi butuh bgt u menyelesaikan laporan penelitian saya,,,,
    terimakasih,,
    wsslmkm,,

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      😀 mungkin mampet, pake infus ya? coba dibersihkan aja cartridge-nya dg cairan pembersih khusus printer. direndam biasanya. bisa juga disedot menggunakan suntikan tinta. tapi hati-hati ya… mending bawa ke tukang servis aja.

  14. zhie

    mas punya drivers canoon ip 1900 untuk windows g? yang aku hilang..pusing nie carinya tapi ga ketemu2…bantuannya ya mas………..

    Balas
  15. Ping balik: Mint 8 Helena dan Canon iP1980 « Slamet’s Blog

  16. roy

    mas…
    mw nanya, lampu print gw, cannon ip1900 series kedap kedip ijo kuning orange gitu.
    itu napa ya?
    mohon bantuannya ya mas…

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      kemungkinan perlu di-reset aja, umumnya sih:
      1. cabut kabel power
      2. tekan tombol power (on), bersamaan tancapkan kabel power. jangan lepas tombol saat printer menyala.
      3. masih menekan tombol power, tekan 2x tombol reset (jangan terlalu cepat).
      4. lepas tombol power. printer biasanya bisa langsung dipake.
      5. reset menggunakan software jika perlu.

      coba petunjuk ini sebagai salah satu referensi.

  17. muh kunaryo

    Thak’s ya,.. setelah menjelajah beberapa artikel.. kayaknya blog pak slamet membawa keberhasilan….
    n salam kenal UBUNTU Centre BOntang KAltim

    Balas
  18. hidayat

    mas aku masih belum maksud install dependency nya..(baru kenal linux, he he).udah tek unduh tuh driper 1980 nya. tek extrak pake ark, ya udah kaya gitu doang.. lanjutanya aku blank.. mohon your help..thank..

    Balas
  19. Komarudin

    Di Fedora 11 udah ke detect tapi ngga jalan, setelah ngikutin cara pk Slamet dan di install ulang printernya jalan dech. tankyu pk

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      pclinuxos sepertinya berbasis rpm, download aja versi rpm dari situs yg sama.

  20. bimo

    mas, makasih infonya, sekarang saya bisa ngeprint. tapi ada masalah kenapa setiap saya ngeprint selalu sebagian halamannya terpotong(tidak utuh) apa masih harus di seting lagi printernya ? makasih ya mas ….

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      coba waktu nge-print periksa ukuran kertas dari dokumen, kemungkinan ukuran kertas dokumen tidak sesuai dengan ukuran kertas standar dari (driver) printer. semoga berhasil…

  21. zye666

    Kang…gimana neh, ada yahoo messenger buat linux mint ga?soalnya kalo pake pidgin anak-anak ga ada yang bisa….thanks sebelumnya….

    Balas
  22. ratu igamo

    alhamdulillah, akhirnya printerku bisa jalan di ubuntu 8.04. teima kasih banayk mas, semoga tambah sukses… aamiinn..

    Balas
  23. franklin

    Makasih banyak atas postingannya, mas… Sangat membantu, printer ip1980 akhirnya bisa dipake di ubuntu 8.04 – ku

    Balas
  24. Marwoto Abu Ibrohim

    Alhamdulillah, akhirnya Canon ip1900 ku bisa testPrint di Blankon 3, Jazakumullah khoiron Terima kasih buat Mas Slamet dan para Penggerak Free Software. Vendor CanonEropa baik ya, sediain driver. Bantuin konsumen Linux miskin gak mampu beli Windozzz & aplikasi berbayar. Berbagi Teknologi untuk kesejahteraan umat manusia di Bumi Allah. Semoga barokah. Amiin

    Balas
    1. Slamet Budi Santoso Penulis Tulisan

      wah, dulu sih pas pake ip1880 gak sampai 50 lbr sudah habis salah-satu warnanya. akhirnya ip1980 ku inpus aja. untuk cetak 50-an sertifikat gak banyak berkurang.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.